Berbagai Bangsa Akui Indonesia Sebagai Percontohan Toleransi

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Indonesia mendapat pengakuan yang baik dari berbagai bangsa karena kerukunan antarumat beragamanya.

"Mereka melihat bagaimana kita bisa membangun keutuhan bangsa, karena ada kesepakatan Pancasila. Jadi mereka kagum,” katanya hari ini (4/1/22). 

Ia mengatakan bahwa Indonesia kadang tidak sadar telah menjadi sorotan bagi negara lain terkait toleransi beragama.

Tak lupa, ia pun menceritakan pengalamannya didatangi seorang produser film asal Italia yang ingin mendokumentasikan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. 

Di Indonesia produser dan tim tersebut mengunjungi beberapa daerah untuk mengenal kehidupan masyarakat setempat, antara lain Candi Borobudur di Jawa Tengah, Gunung Bromo di Jawa Timur, dan pedalaman Lebak di Banten.

Selain itu, ia juga mengatakan pernah menerima kunjungan Asosiasi Cendekiawan Muslim Majelis Hukama Al Muslimin yang berpusat di Abu Dhabi untuk belajar mengenai toleransi di Indonesia.

Wapres juga menjelasan, sekarang tidak lagi zamannya menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia, tapi harus dibalik, menerjemahkan Indonesia ke Arab tentang tradisi dan tatanan kehidupan di Indonesia.

“Sekjennya ketemu saya, dia bilang dia datang ke Indonesia karena mau belajar tentang toleransi di Indonesia,” Katanya.

Karena itu, wapres bersemangat untuk mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mempertahankan toleransi dan menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Indonesia ini luar biasa, bahkan tentang toleransi, menurut kita kan masih belum baik betul ya, tetapi menurut orang lain (toleransi) ini luar biasa," kata dia.(ri)