Perusahaan Makanan dan Minuman Berkomitmen Meminimalkan Penggunaan Plastik

Penelitian Tetra Pak menunjukan bahwa perusahaan makanan dan minuman berupaya meminimalkan penggunaan plastik (foto: gemapos)
Penelitian Tetra Pak menunjukan bahwa perusahaan makanan dan minuman berupaya meminimalkan penggunaan plastik (foto: gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Perusahaan makanan dan minuman tengah bersiap meminimalkan penggunaan plastik sebagai bahan kemasan yang selama ini digunakan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan Tetra Pak yang menunjukkan bahwa 3 dari 5 komitmen utama yang dijalankan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan adalah pengurangan penggunaan plastik. 

Hasil penelitian menunjukkan, lebih dari 50% perusahaan yang disurvei mengatakan bahwa konsumen menjadi salah satu faktor upaya perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan studi konsumen yang berkaitan dengan kemasan yang sebelumnya telah dilakukan oleh Tetra Pak, yakni bahwa 3 dari 4 responden memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian suatu produk apabila merek tersebut pernah membahas membicarakan suatu topik yang berkaitan dengan lingkungan.

Sementara itu sekitar 42% konsumen menyatakan perubahan harga eceran menjadi lebih tinggi dapat diterima selama kemasan tersebut mendorong keberlanjutan dan memiliki bukti nyata dalam upaya mengurangi dampak bagi lingkungan.  

Berdasarkan data survei, 77% perusahaan juga menyatakan kesiapan mereka akan biaya yang ditimbulkan dalam implementasi solusi manufaktur dan pengolahan berkelanjutan , di tengah tantangan makro ekonomi yang dihadapi. Hal ini sejalan dengan hasil  penyelenggaraan COP28, konferensi perubahan iklim yang diadakan beberapa waktu lalu di Dubai, bahwa pelaku bisnis memiliki komitmen dalam penerapan bisnis berkelanjutan, termasuk Tetra Pak yang memiliki inisiatif dalam mentransformasi sistem pangan. 

Terrynz Tan, Sustainability Director for ASEAN, Tetra Pak, mengatakan, “Hasil penelitian tersebut menegaskan pergeseran peran konsumen atau pelanggan yang berkaitan dengan lingkungan. Konsumen sekarang ini menginginkan merek makanan atau minuman yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan. "Kami bersemangat untuk menciptakan kemasan produk yang mendukung berkelanjutan. Ini bukan hanya tentang bisnis, namun komitmen perusahaan terhadap kemasan yang dihasilkan secara bertanggung jawab, bisa didaur ulang dan netral karbon," jelasnya. [rr]