12 Kategori ‘CSR Indonesia Award 2022’ Dianugerahi Bagi Tiga Pihak di Bogor

“Sebanyak 13 korporasi ikut tahun ini dan ada yang sudah konsisten bertahun-tahun ikut penghargaan ini dan 5 perusahaan baru ikut tahun ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) PT Meprindo Communication, Aendra H. Medita saat membuka CSR Indonesia Award 2022.
“Sebanyak 13 korporasi ikut tahun ini dan ada yang sudah konsisten bertahun-tahun ikut penghargaan ini dan 5 perusahaan baru ikut tahun ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) PT Meprindo Communication, Aendra H. Medita saat membuka CSR Indonesia Award 2022.

Gemapos.ID (Bogor) - Sebanyak 12 kategori ‘CSR Indonesia Awards 2022’ diberikan Majalah CSR Indonesia bagi tiga pihak di Kinasih Resort and Conference, Bogor, Jawa Barat (Jabar) pada Rabu (21/9/2022) yakni perusahaan, lembaga sosial kemasyarakatan, dan individu.

Tema yang diusung CSR Indonesia Awards 2022 adalah ‘CSR Sustainability as a Corporate Responsibility and Company Reputation’ atau 'Keberlanjutan CSR Sebagai Tanggung Jawab Korporasi dan Reputasi Perusahaan'. 

“Sebanyak 13 korporasi ikut tahun ini dan ada yang sudah konsisten bertahun-tahun ikut penghargaan ini dan 5 perusahaan baru ikut tahun ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) PT Meprindo Communication, Aendra H. Medita saat membuka CSR Indonesia Award 2022. 

Perusahaan-perusahaan yang sudah ikut CSR Indonesia Award seperti PT Asmin Bara Bronang dan PT Mifa Bersaudara.

Sejumlah perusahaan dikabarkan tertarik mengikuti ajang CSR Indonesia Award, tapi ini tidak dilanjutkannya ke pendaftaran peserta lantaran kegiatan ini dinilai berat untuk diikutinya dari berbagai persyaratan yang harus dipenuhinya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pelaksana CSR Indonesia Award 2022, Susi Andrini, mengemukakan dua tahun pandemi Covid-19 telah berlangsung di dunia termasuk Indonesia sampai sekarang.

Kondisi ini berakibat acara CSR Indonesia Award sebelumnya hanya bisa digelar secara daring, tapi sekarang sudah bisa berlangsung secara langsung.

“Harapan saya ke depannya acara ini tidak hanya sekedar ajang award saja, tetapi sebagai ajang silahturahmi di antara kita saling bersama memadukan kegiatan CSR bersama,” tuturnya. 

Best of The Best

Dari 14 perusahaan yang diberikan CSR Indonesia Awards 2022 didapuk satu perusahaan sebagai kategori ‘Best of The Best’ yakni PT Asmin Bara Bronang. 

Pada saat yang sama Asmin Bara Bronang memborong lima kategori lainnya dalam CSR Indonesia Awards 2022 yakni kategori Gagas Inova Karya jenis Gold (Emas). 

Kategori ini adalah bidang CSR yang mendukung para inovator dalam mewujudkan karya baru dan original yang dilakukan oleh perusahaan atau komunitas masyakarat kreatif. 

Kemudian, untuk jenis yang sama dalam kategori Cipta Guna Sehati adalah bidang CSR kesehatan yang memberikan dukungan atau sarana kesehatan gizi dan cara hidup sehat.

Selanjutnya, kategori Gold lainnya yang diterima Asmin Bara Bronang adalah Reka Karsa Sosial adalah bidang CSR yang memberikan bantuan bagi sebuah wilayah atau masyarakat secara regular dan mampu merekakarsa yang berguna di lingkungan sekitar. 

Berikut dua kategori Gold lainnya yang digondol Asmin Bara Bronang adalah kategori Insan Gagas Gemilang adalah menjalankan gagasan yang gemilang untuk publik, bangsa, dan masyakat. 

Lalu, kategori Cipta Guna Sehati adalah bidang CSR kesehatan yang memberikan dukungan atau sarana kesehatan, gizi dan hidup sehat. 

Terakhir, kategori Didaktika Pratama Unggul jenis Bronze (Perunggu) adalah bidang CSR pendidikan yang memberikan bantuan ini ke masyarakat secara langsung. 

Asmin Bara Bronang memperoleh enam penghargaan atas pembangunan lima ‘Jaringan Rumah Pintar’ di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kelima Rumah Pintar itu adalah Rumah Pintar Taman Askari, Rumah Pintar Pujon, Rumah Pintar Desa Barunang, Rumah Pintar Dusun Tumbang Mamput, dan Rumah Pintar Dukuh Pendarawah.

Dari pembangunan Rumah Pintar mampu mengurangi jumlah anak yang dipekerjakan oleh orangtuanya. Bahkan, ini bisa memberikan pendapatan alternatif bagi masyarakat. 

Dua Award Polytama

Sementara itu PT Polytama Propindo merebut CSR Indonesia Award 2022 kategori Didaktika Pratama Unggul jenis Gold dan kategori Cipta Karsa Mandiri jenis Silver (Perak). 

Kategori Cipta Karsa Mandiri adalah bidang CSR yang memberikan karya cipta bagi komunitas, publik, atau masyarakat secara mandiri. 

Penghargaan yang diperoleh Polytama Propindo atas kegiatan CSR berupa pembangunan Community Social Responsibility bagi masyarakat dan lingkungan. 

Kategori Cipta Karsa Mandiri jenis Silver juga oleh diraih PT Sawit Sumber Sarana Tbk dengan melakukan enam bidang CSR yakni progam sosial budaya. 

Kemudian, program pendidikan, program kesehatan, program lingkungan, program infrastruktur, dan program pemberdayaan masyarakat.

Untuk Kategori Cipta Karsa Mandiri jenis Gold diterima oleh PT Mifa Bersaudara dan kategori The Best diraih oleh PJP UP Cirata dengan kegiatan CSR berupa pemanfaatan eceng gondok untuk berbagai kerajinan seperti tas, topi, dan sandal. 

Perusahaan-perusahaan lainnya yang berhasil mendapatkan CSR Indonesia Award 2022 adalah PT Paiton Energy dalam kategori Karsa Budaya Prima jenis Gold. Kategori ini adalah bidang CSR budaya yang memberikan dukungan konservasi atau pelestarian. 

Untuk kategori Karsa Budaya Prima jenis Silver diterima oleh PT Pertamina Patra Niaga Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandar Udara Internasional Lombok (BIL). 

Perusahaan ini melakukan pemanfaatan sampah untuk menambah pendapatan masyarakat dengan nama ‘Kampung Hijau Bank Sampah Al Hakiki’. 

Pada kategori Karsa Tahta Utama jenis dianugerahi kepada PT Signify Commercial Indonesia atas kegiatan CSR berupa pemberian penerangan bagi masyarakat di desa-desa terpencil di Tanah Air dengan nama ‘Kampung Terang Hemat Energi’.

Dua Rumah Anak

Pada sisi lain lembaga sosial kemasyarakatan yang memperoleh CSR Indonesia Award 2022 adalah Rumah Hebat Anak Indonesia (RHAI) yang diinisiasi oleh Agnes Entaren

Lembaga ini memberikan Pendidikan membaca, menulis, dan berhitung (caslitung) bagi anak-anak kurang mampu termasuk pemulung usia 5-12 tahun. 

Mereka mengenyam pendidikan di RHAI tidak hanya akibat kurang mampu membayar pendidikan di sekolah formal seperti Sekolah Dasar (SD). 

Namun, itu dilakukan akibat tidak bisa memenuhi persyaratan administrasi seperti akta kelahiran lantaran orangtuanya hanya menikah siri yang tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kementerian Agama (Kemenag).

Lembaga lainnya yang sejenis adalah Sekolah Ramah Anak yang dipelopori oleh Febby Lintang yang bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (KPPA).

Sekolah ini telah diberikan nama yakni SD Islam Nurul Fatimah Narogong yang berlokasi Cileungsi, Bogor.

Pada sisi lain lain lembaga sosial kemasyarakatan bidang pertanian juga memperoleh penghargaan CSR Indonesia Award 2022 yakni Lembang Agri yang didirikan oleh Dodih Bin Saan.

Lembang Agri menfasilitasi penjualan produk-produk pertanian ke berbagai pihak di dalam negeri seperti Pizza Hurt untuk penjualan papbrika dan ekspor ke Singapura berupa buncis. 

Terakhir, CSR Indonesia Award 2022 diberikan secara perorangan kepada Ati Bactiar atas penerbitan buku etnophotography berjudul ‘Telinga Panjang Mengungkap yang Tersembunyi’,

Buku ini bercerita tentang Telinga Panjang Suku Dayak di Kalimantan dalam 45 foto dan 11 foto Telinga Panjang Suku Dayak yang sudah dipotong. Kemudian, bukunya disambung dengan edisi kedua berjudul ‘Jejak Langkah Telinga Panjang’. 

Sebelumnya, Majalah CSR Indonesia telah menggelar CSR Indonesia Award sebanyak empat kali di berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung (Jabar), dan Bali. Majalah ini berencana akan menyelenggarakan acara yang sama di Yogyakarta pada 2023. (adm)