Menhan Prabowo Bertemu Menhan China Bahas Kerja Sama Terkait Pertahanan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun (kanan) di Beijing, China, Selasa (2/4/2024). (foto; gemapos/antara)
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun (kanan) di Beijing, China, Selasa (2/4/2024). (foto; gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan China, Admiral Dong Jun, di Beijing, China untuk membahas kerja sama di bidang pertahanan, Selasa (2/4).

Dalam siaran pers resmi Kementerian Pertahanan, yang dikutip dari Antara pada Rabu, Prabowo menyebutkan pertemuan ini merupakan akhir dari lawatan Prabowo Subianto ke China setelah sebelumnya bertemu presiden China Xi Jinping pada Senin (1/4) dan Perdana Menteri (PM) Li Qiang (2/4).

Kemudian dalam pertemuan dengan Dong Jun, Prabowo mengaku membuka peluang untuk membangun kerja sama di bidang pertahanan demi meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan China.

"Indonesia bersedia untuk lebih memperkuat kerja sama pertahanan dengan pihak China dan terus mempromosikan perkembangan hubungan antara angkatan bersenjata kedua negara," kata Prabowo.

Adapun kerjasama sama di bidang pertahanan itu meliputi latihan tempur bersama, pertukaran teknologi hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan program pertukaran prajurit.

Pada kesempatan tersebut, Dong Jun menyambut baik rencana kerjasama dengan Indonesia di bidang pertahanan dan keamanan itu.

"Militer China bersedia bekerja sama dengan militer Indonesia untuk mengonsolidasikan kepercayaan strategis mereka, mempromosikan latihan dan pelatihan bersama, serta meningkatkan pertukaran personel untuk membawa kerja sama praktis mereka ke tingkat yang baru," kutip siaran pers tersebut.

Ia berharap kerjasama di bidang pertahanan itu akan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan China.

Sebelumnya, Prabowo juga menyampaikan niat dan keinginannya meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan China kepada PM Li Qiang.

“Saya datang dalam niatan ingin menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua negara,” kata Prabowo kepada Li Qiang saat keduanya bertemu di Beijing, China.

Selanjutnya dalam pertemuannya itu, Prabowo juga menyampaikan Indonesia dan China punya ikatan yang saling melengkapi.

“Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah realitas yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami," kata Menhan Prabowo.

Selain itu dalam pertemuan yang sama, PM Li menilai lawatan Prabowo ke China merupakan bukti eratnya hubungan dua negara. Bagi Li, Indonesia dan China berhasil memelihara hubungan kerja sama yang erat, dan dua negara siap membuka babak baru dalam memelihara kemitraan itu.

Sementara itu, PM Li kepada Prabowo pun mempertegas komitmen negaranya untuk terus bekerja sama dan menjaga rasa saling percaya antara Indonesia dan China.(ri)