Masyarakat Jakarta Waspada Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan

Ilustrasi - Hujan mengguyur ibu kota. (ist)
Ilustrasi - Hujan mengguyur ibu kota. (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta meminta warga Jakarta waspada dengan cuaca ekstrem yang diprediksi berlangsung pada 8 sampai 14 Maret 2024.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, hasil analisis terkini BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/angin kencang pada periode tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Isnawa menyampaikan, kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.

Peningkatan kecepatan angin dari Utara Indonesia hingga melintasi equator melalui Selat Karimata yang mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

“Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya sampai Selatan Jawa dan Australia bagian Utara yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian Selatan,” ujar Isnawa, Jumat (8/3).

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui pantau banjir berbasis RT di Jakarta di sini.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” tandasnya. (rk)