Rakor Komlek TNI 2024: Siap Mewujudkan TNI yang Prima untuk Indonesia Maju

Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman saat Rakor Komlek TNI Tahun 2024 di Gedung Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2024). (foto:gemapos/ Pumpen TNI)
Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman saat Rakor Komlek TNI Tahun 2024 di Gedung Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2024). (foto:gemapos/ Pumpen TNI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman, Mewakili Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) membuka Rapat Koordinasi Komlek (Rakor Komlek) TNI Tahun 2024.

Rakor mengambil tema “Skomlek TNI siap mewujudkan TNI yang Prima (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) untuk mendukung Indonesia Maju”, dilaksanakan secara offline dan online di Gedung Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2024).

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman, menyampaikan bahwa TNI harus meliliki Sistem satu data yang terintegrasi dan terkoneksi dengan semua peralatan yang di miliki TNI.

"Kebijakan Panglima TNI tahun 2024 bidang komunikasi dan elektronika diantaranya membangun dan menyiapkan sistem satu data TNI, membangun sistem komando dan pengendalian satuan TNI terpadu, pembangunan sistem keamanan siber serta melaksanakan kerjasama dengan Kemenkominfo dalam rangka peluncuran satelit Republik Indonesia (SATRIA-I)," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Askomlek Panglima TNI, Marsda TNI Kustono, menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman bagi peningkatan kinerja bidang Komlek TNI 

"Yaitu, wujudkan konsep satu data TNI dan Nasional Tactical Data Link yang terintegrasi;  Hindari ego sektoral Satuan dan Angkatan; Manfaatkan Teknologi satelit sebagai salah satu alternatif back Bone komunikasi serta penguatan satuan Siber di Mabes TNI dan Angkatan untuk menghadapi ancaman Siber yang semakin beragam dan komplek," tegas Askomlek Panglima TNI.

Hadir sebagai narasumber pada cara Rakor Komlek TNI diantaranya Marsma TNI Teguh Darmawan, (Waaskomlek Kasau) dengan materi "Network centric warfare" dan DR. Yono Reksoprojo, dengan materi "Satelit Militer". Kegiatan rakor di pandu oleh moderator Kolonel Laut (E) Abdul Aziz, serta turut hadiri  para Askomlek OU Angkatan Darat, Laut dan Udara. (*)