Respon Ganjar Soal Isu Mahfud MD Umumkan Mundur Hari Ini

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (gemapos/gesuri.id)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Calon Presiden (capres) nomor urut 1, Ganjar Pranowo merespons beredarnya informasi yang menyebutkan Mahfud Md akan mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam hari ini. 

"Sebentar lagi kita tunggu," kata Ganjar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).

Menurutnya, keputusan Mahfud Md menjadi pesan moral untuk menteri lainnya. Ganjar pun mengapresiasi langkah Cawapresnya itu.

"Pesan moral lah. Ketika kemudian banyak orang bertanya oh ini ada menteri membagi bansos dan kemudian pesan-pesan politiknya tersirat di sana, mungkin tidak tersurat tapi tersirat manusia kan bisa melihat dan merasakan," kata dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjelaskan keinginan tersebut atas hasil dikusinya terkait pejabat yang rentan menggunakan fasilitas negara dalam kampanye.

"Lalu bagaimana kita mengurangi potensi-potensi penggunaan fasilitas negara potensi, maka kalau kami ketika berdiskusi dengan Pak Mahfud. Saya apresiasi beliau cukup punya integritas sangat tinggi dan beliau punya keinginan itu," imbuh Ganjar.

Ganjar merasa terhormat jika keputusan mundur tersebut akan diumumkan Mahfud siang ini. Ganjar juga berharap menteri lain melakukan hal yang sama mengikuti langkah Mahfud.

"Dan kalaulah keputusan akan diambil dalam beberapa jam kemudian, saya orang yang hormat respect sama beliau Pak Mahfud. Mudah-mudahan yang lain juga bisa ikut," imbuhnya.

Ganjar juga merespon potensi menteri PDI Perjuangan lain mundur mengikuti Mahfud Md. Ganjar menegaskan, dalam Pilpres 2024, Mahfud Md lah yang memiliki conflict of interest karena maju sebagai Wapres.

"Belum tahu saya (langkah menteri PDI Perjuangan lainnya). Karena kan yang maju pak Mahfud, yang ada conflict of interest pak Mahfud, yang lain kan tidak yang lain boleh mengambil sikap masing-masing tapi mudah-mudahan Pak Mahfud bisa memberikan contoh," pungkasnya. (ns)