Erick Thohir Sediakan Vending Machine Produk UMKM di Stasiun Kereta

Vending machine dengan produk-produk UMKM telah hadir di stasiun-stasiun kereta di Jakarta. (foto:gemapos/DOK.Kementerian BUMN)
Vending machine dengan produk-produk UMKM telah hadir di stasiun-stasiun kereta di Jakarta. (foto:gemapos/DOK.Kementerian BUMN)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri BUMN Erick Thohir terus berkomitmen untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Vending machine yang berisi produk-produk UMKM adalah langkah terbaru Erick Thohir dalam membantu UMKM untuk memasarkan produknya.

Vending machine ini hadir di stasiun-stasiun kereta di Jakarta diantaranya Stasiun Gambir dan Stasiun Gondangdia mulai hari ini, Senin (22/1/2024).

 

Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa UMKM harus dibantu lewat langkah-langkah strategis dalam memperkuat ekosistem UMKM.

Hal ini dilakukan dengan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

“Vending Machine ini beroperasi otomatis dan bisa dipakai 24 jam penuh. Produk-produknya dari UMKM bisa dijual langsung kepada konsumen. Penumpang kereta atau masyarakat yang sedang berada di stasiun bisa membeli produk-produk UMKM kapan saja," jelas Arya.

"Ini sesuai dengan arahan Menteri Erick yang ingin memberikan akses pasar lebih luas bagi UMKM terutama di lokasi-lokasi ramai dan strategis seperti di stasiun kereta,” tambahnya.

Pemasangan vending machine merupakan kolaborasi antara UMKM dengan BUMN.

Penempatan vending machine di area stasiun didukung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola stasiun.

Sedangkan pengelolaan dan operasional vending machine didukung penuh oleh PLN (Stasiun Gambir) dan Pertamina (Stasiun Gondangdia).

Sebelumnya sudah dipasang vending machine di Kementerian BUMN yang didukung penuh oleh BRI.

Berdasarkan survei berjudul MSME Empowerment Report yang dilakukan kepada 1.500 pelaku UMKM di Indonesia pada tahun 2022, UMKM Indonesia masih mengalami kendala pemasaran.

Sebanyak 70% UMKM kesulitan dalam memasarkan produknya. Vending machine merupakan jawaban atas keluhan dari UMKM dalam pemasaran produk.

Terobosan Erick ini sebagai alternatif solusi bagi pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan awareness, mencapai target pasar yang luas, dan memperkuat product showcase dengan lebih efisien.

 

“Era vending machine menjadi terobosan penting dalam mendukung ekosistem UMKM di Indonesia. Program ini tidak hanya memperluas pasar produk UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang unik bagi masyarakat. Kami percaya kolaborasi antara BUMN dan UMKM melalui program Vending Machine akan memberikan dampak positif bagi UMKM,” tutup Arya.

Peresmian Vending Machine UMKM kali ini turut dihadiri oleh Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran dan EVP of Corporate Secretary KAI R. Agus Dwinanto Budiadji. (*)