Polri Buka Kesempatan Bagi Disabilitas Menjadi Perwira Dan Bintara

foto : Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo. (gemapos/Media Polri)
foto : Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo. (gemapos/Media Polri)

Gemapos.ID (Jakarta)- Polri kini membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi perwira kepolisian maupun bintara. Rekrutmen ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polri untuk mewujudkan kesetaraan bagi seluruh warga negara, termasuk penyandang disabilitas.

“Tahun ini Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas, di mana rekrutmen disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi,” ujar Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo, dikutip dari laman resmi Media Polri, Rabu (17/1/2024). 

Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa dasar hukum yang digunakan dalam penerimaan tersebut adalah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2021.

Selain itu, Dedi juga menyampaikan bahwa mengenai kesempatan bagi penyandang disabilitas fisik untuk menjadi anggota Polri sudah berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

Diketahui bahwa penyandang disabilitas akan ditugaskan untuk mengisi jabatan-jabatan seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, Administrasi dan lainnya yang bersifat non-lapangan.

“Sebagai referensi pada 3 negara maju yang menerima polisi dari golongan disabilitas antara lain Australia, Amerika Serikat dan Inggris,” ijarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa saat ini ada 447 ribu personel Polri. Kapolri tersebut kemudian menerangkan soal rekrutmen di Polri mulai dari Akpol, SIPSS, Bintara, hingga Tamtama, bahkan rekrutmen untuk kelompok disabilitas.

Rekrutmen SIPSS 2024 untuk penyandang disabilitas akan dibuka mulai tanggal 26 Januari hingga 1 Maret 2024. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website resmi Polri. (kt)