Lanud El Tari Kupang Ikut Program Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia

Bertempat di lahan pertanian Lanud El Tari Kupang, Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, Minggu (14/1/2024). (foto: gemapos/puspentni)
Bertempat di lahan pertanian Lanud El Tari Kupang, Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, Minggu (14/1/2024). (foto: gemapos/puspentni)

Gemapos.ID (Jakarta)- Bertempat di lahan pertanian Lanud El Tari Kupang, Minggu (14/1/2024) dilaksanakan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia. Kegiatan penanaman pohon tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara video conference dari Kecamatan Tanara Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Adapun hadir saat penanaman pohon di Lanud El Tari Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 14/D.II Lanud El Tari Ny. Nila Djoko Hadipurwanto.

Kemudian, hadir pula para Forkopimda, para pimpinan OPD Provinsi NTT, para Kepala UPT KLHK Provinsi NTT, generasi pencinta lingkungan Green Leadership Indonesia dan Green Youth Movement dan anggota Lanud EL Tari serta para siswa SMP Angkasa Lanud El Tari.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur NTT mengatakan bahwa dengan penanaman pohon ini akan mereduksi panas dan menjaga kelestarian lingkungan dan yang paling penting adalah partisipasi dari seluruh unsur masyarakat.

"Kita melihat tadi dari seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat bersatu padu disini untuk melaksanakan penanaman berbagai macam tanaman yang produktif.  Kita harapkan ini bisa menjaga kelestarian lingkungan termasuk tanaman endemik yang ada di NTT yaitu cendana yang sudah ada bibitnya, kita tanam juga dan kita pelihara dengan baik", kata Pj. Gubernur NTT.     

Sementara itu, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 750 pohon yang terdiri dari pohon mangga, jeruk, jambu bol, jambu citra, jambu Kristal, klengkeng, pinang, palem dan cendana yang semuanya ditanam di lahan seluas 1,2 Ha.

Adapun salah satu tujuan penanaman pohon di Lanud El Tari ini adalah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum tentang program penanaman pohon yang sedang digalakkan. Dengan penanaman ini membangun semangat baru dan akan terus dilakukan demi bumi dan kehidupan yang lebih baik.(pa)