Erick Thohir Dorong RUU BUMN Rampung Tahun Ini

Menteri BUMN Erick Thohir saat dalam pelantikan 15 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (setingkat Eselon II) di lingkungan Kementerian BUMN pada Selasa (9/1). (foto:gemapos/bumn)
Menteri BUMN Erick Thohir saat dalam pelantikan 15 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (setingkat Eselon II) di lingkungan Kementerian BUMN pada Selasa (9/1). (foto:gemapos/bumn)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong agar RUU BUMN yang telah selesai di susun segera dapat dibahas dan disahkan oleh DRP RI untuk tahun 2024.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pelantikan 15 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (setingkat Eselon II) di lingkungan Kementerian BUMN pada Selasa (9/1).

“RUU BUMN merupakan bagian dari kesejahteraan bagi para pegawai yang sudah dijanjikan. Jadi, kita terus mendorong agar ini RUU BUMN ini dapat ditandatangani lebih cepat pada tahun ini,” kata Erick seperti dikutip gemapos di Jakarta, Rabu (10/1/2024). 

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir melantik 15 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-07/MBU/01/2024 tanggal 9 Januari 2024. 

 

Erick Thohir menyampaikan selamat kepada para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang sudah dilantik. Tak lupa, Erick mengingatkan para Direksi dan Pejabat yang hadir untuk bisa mencapai target KPI. Diantaranya yakni target penyelesaian 88 Proyek Strategis Kementerian BUMN yang kini tersisa 9 Proyek yang harus dicapai.

“Saya selalu ingatkan bahwa kita adalah benteng ekonomi nasional sebagaimana peran kita yang jelas sebagai agent of change yang tidak sekadar agent of change saja, tetapi juga tetap dikelola secara korporasi sehingga harus ada tolak ukur yang jelas," pungkas Erick.

"Karena itu, dari 88 Proyek Strategis Kementerian BUMN yang kita targetkan dan kita sudah sampaikan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) sejak awal menjabat, sudah diselesaikan 79 proyek dan kini tinggal 9 proyek lagi sehingga saya berharap Bapak- Ibu menjadi yang terdepan untuk menyelesaikan 9 proyek tersebut,” ujar Erick.

Penerapan core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) juga terus disinggung Erick agar terus dilakukan.

Tak lupa Erick juga mengapresiasi pencapaian target keterwakilan Wanita dan generasi muda melalui pelantikan kali ini.

 

“Tentu saya senang dalam pelantikan ini dan ingin terus terjaga target-targetnya dimana saya lihat dari 15 keterwakilan, 30% diantaranya adalah Wanita dengan jumlah 5 orang, lalu untuk generasi penerus di bawah 42 tahun ada 2 orang, yaitu ada Mas Anas dan Mba Galuh yang bahkan usianya Mba Galuh ini masih 35 tahun yang termuda di antara Pejabat Eselon II,” ujar Erick. 

“Tapi itu lah kita, selalu siap melakukan adaptasi, kolaborasi, dan tentu menghadapi dinamika ini. Saya rasa pengangkatan Perempuan, Bapak-Ibusemua dan regenerasi dari anak muda ini merupakan bentuk komitmen bahwa inilah BUMN,” lanjut Erick. (pu)