Deklarasi Pemilu Damai, Polri : Kita Beda Cukup Di TPS Saja

Divisi Humas Polri gelar deklarasi Pemilu Damai bersama penyedia layanan telekomunikasi, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/12/2023). (gemapos/humaspolri)
Divisi Humas Polri gelar deklarasi Pemilu Damai bersama penyedia layanan telekomunikasi, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/12/2023). (gemapos/humaspolri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Divisi Humas Polri gelar deklarasi Pemilu Damai bersama Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesi (ATSI) guna menjaga persatuan dan kesatuan di tengah hiruk-pikuk Pemilu, di Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

“Maka dari itu kita yang beda cukup di TPS saja, apapun yang terjadi itu adalah pilihan bangsa yang terbaik,” ujar Kadiv Humas Irjen Sandi Nugroho dalam keterangannya yang dirilis di laman resmi Humas Polri, Rabu (13/12/2023).

Ditegaskan bahwa, menjaga pemilu agar berjalan dengan damai adalah tugas dari seluruh elemen masyarakat. Sehingga baik di ruang digital maupun kehidupan nyata semangat persatuan harus terus digelorakan.

Literasi digital masih terus dimasifkan. Peran penyedia jasa telekomunikasi sangat diperlukan, saling bahu-membahu guna menciptakan etika bermedia sosial yang baik di masyarakat.

Sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Kaporli Jenderal Polisis Drs. Listyo Sigit Prabowo yakni pesta demokrasi harus dilakukan sdengan suka cita dalam kesatuan. Pemilu 2024 adalah pemilihan pemimpin yang akan mewujudkan cita-cita bersama, yakni Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045.

“Prinsip kita bersama lebih baik mencegah daripada mengobati,” lanjutnya.

Selain itu, adapun Sekjen ATSI Marwan O. Baasir menegaskan bahwa penyedia jasa telekomunikasi juga berada di posisi netral atau tidak berpihak dalam Pemilu 2024. Hal tersebut telah tertuang dalam aturan Kemenkominfo.

“ATSI itu netral, kami mendukung Pemilu Damai, tidak terafiliasi partai apapun. Kami siap apabila pada hal-hal yang nnatinya butuh pengendalian khusus dalam bidang telekomunikasi, apabila terjadi hal-hal negatif nantinya. ” ungkapnya.

Berikut adalah poin deklarasi yang dibacakan seluruh perwakilan penyedia jasa telekomunikasi yaitu :

1.      Mewujudkan Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa

2.      Melaksanakan Pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

3.      Menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.      Mematuhi semua peraturan dan ketentuan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku

5.      Mendukung dan membantu jajaran TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mewujudkan gelaran Pemilu tahun 2024 yang aman, sejuk, damai, dan bermartabat

Adapun pihak yang turut hadir dalam deklarasi kali ini yakni wadirtipid Siber Bareskrim, Kabagopsnalkom Rotekkom DivTIK Polri, Kasubdit Propaganda Dit Kamsus Baintelkam Polri, dan paraKaro serta Kabag di jajaran Humas Polri. (kt)