Antisipasi Aksi Munajat Kubro 212, Sejumlah Jalan di Kawasan Monas Ditutup

Para Peserta yang hadir dalam Aksi Munajat Kubro 212 mulai memadati Kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (2/12/2023) pagi. (foto: gemapos/Antara)
Para Peserta yang hadir dalam Aksi Munajat Kubro 212 mulai memadati Kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (2/12/2023) pagi. (foto: gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Sehubungan dengan Aksi Munajat Kubro 212 yang dilaksanakan pada sabtu (2/12/2023) pagi di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, sejumlah jalan disekitar Monas ditutup. 

Diketahui bahwa Aksi Munahat Kubro 212 adalah aksi solidaritas yang digelar untuk menyuarakan dukungan untuk Palestina. Dalam hal ini tidak ada kesempatan untuk memberikan panggung politik pada siapa pun.

“Reuni 212 kali ini bela Palestina dan murni tidak ada pesan politik,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal PA 212, Novel Bamukmin, Jumat (1/12). 

Adapun jalan yang ditutup tersebut yakni, Jalan Medan Merdeka Selatan dari Tugu Tani mengarah Tanah Abang, sehingga pengguna jalan akan diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Perwira - Jalan Katedral - Jalan Veteran - Jalan Ir H. Juanda -  Jalan Suryopranoto dan seterusnya. 

Selain itu, Jalan Medan Merdeka Utara juga ditutup, sehingga arus lalu lintas dari arah Harmoni menuju ke Tugu Tani akan dialihkan menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan M.H. Thamrin – Jalan Kebon Sirih dan seterusnya. 

Untuk masyarakat yang menuju Jalan Medan Merdeka Utara dari Jalan Medan Merdeka Timur akan dialihkan ke Jalan Perwira. 

Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit akan dialihkan ke Jalan Juanda. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang menuju Jalan Majapahit akan diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto atau dibelokkan ke Jalan Gajah Mada. 

Sedangkan arus dari Jalan Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan akan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. Arus dari Jalan Abdul Muis ke Budi Kemuliaan juga akan diluruskan ke Jalan Fachrudin. 

Kemudian arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum sudah ditutup pada pagi ini. 

Dinas Perhubungan (Dishub juga telah mempersiapkan lokasi parkir sebanyak 18 titik di sekitar tempat acara guna menghindari kepadatan di lokasi Aksi. Satuan Ruang Parkir (SRP) yang disediakan untuk sepeda motor adalah sebanyak 7.525 sedangkan untuk mobil sebanyak 3.402 dan sebanyak 83 untuk bus. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menghimbau masyarakat agar mencari alternatif jalna lain jika memiliki keperluan di lokasi tersebut, terutama para pengguna layanan kereta api jarak jauh di Gambir. 

“Kepada para pengguna Kereta Api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir agar dapat menyesuaikan waktu perjalanannya,” kata Syafrin, Jumat (1/12). 

Peserta aksi Munajat Kubro 212 ternyata bukan hanya dari Jakarta saja melainkan ada juga dari Bekasi, Bogor, hingga Cikarang, Jawa Barat. 

Para peserta aksi pun turut membawa atribut atau perlengkapan yang akan mereka gunakan yakni bendera Indonesia, bendera Palestina dan simbol-simbol pendukung yang lain.(kt)