Rencana Kirim Kapal RS TNI, Menhan Prabowo Siap Kordinasi Ke Kairo

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE Mr Ashraf Sulthan.di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (6/11/2023). (gemapos)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE Mr Ashraf Sulthan.di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (6/11/2023). (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE Mr Ashraf Sulthan. Kunjungan tersebut membahas paya pengiriman bantuan kemanusiaan berupa kapal rumah sakit TNI  untuk Palestina terus dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk mendapatkan izin dari Mesir.

“Kita diskusi secara rinci terutama rencana pengiriman kapal rumah sakit dan akan segera ditindaklanjuti, mudah-mudahan ada koordinasi yang baik,” ucap Prabowo  di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Prabowo menyampaikan, dirinya juga akan melakukan koordinasi dengan Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Kairo, Mesir.

“Saya siap terbang ke Kairo untuk koordinasi dengan Menteri Pertahanan Mesir dan berjumpa mungkin dengan beberapa tokoh di kawasan itu,” kata Prabowo.

Purnawirawan TNI tersebut juga mengatakan segera menghadap Presiden Joko Widodo setelah pertemuan hari ini dengan Dubes Palestina dan Mesir.

"Begitu sudah ada clearance (dari Mesir), saya tentunya harus menghadap Presiden untuk melaporkan hasil diskusi sama Duta Besar Mesir, tadi juga dengan Duta Besar Palestina. Mudah-mudahan secepatnya, saya bisa koordinasi di sana," ujarnya.

Soal perbatasan Mesir menuju jalur Gaza, Prabowo mengungkap pihak Mesir sudah berkomitmen membuka akses dalam pengiriman bantuan ke Jalur Gaza.

"Ya mereka (Mesir) komit tentang itu, dan tentunya kita koordinasi dengan semua pihak di sana, PBB dan sebagainya," imbuhnya.

Sebelum bertemu dengan Dubes Mesir, Prabowo terlebih dahulu menggelar pertemuan dengan Dubes Palestina, Zuhari Al-Shun.

Pada pertemuan itu, Prabowo mengungkap keduanya membahas secara mendalam tindak lanjut dari bantuan dan tawaran bantuan kemanusiaan lainnya dari Indonesia untuk rakyat Palestina di Gaza. (ns)