Presiden Jokowi Umumkan Indonesia Resmi Gabung Anggota Tetap FATF

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo memberikan pernyatan terkait Keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Forcedi (FATF) di Istana Merdeka, Jakarta Senin, (6/11/2023). (foto: gemapos/ antara)
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo memberikan pernyatan terkait Keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Forcedi (FATF) di Istana Merdeka, Jakarta Senin, (6/11/2023). (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Indonesia telah resmi menjadi anggota tetap ke-40 Financial Action Task Force (FATF). Kabar tersebut disampaikan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/11).

"Saya ingin menyampaikan sebuah kabar baik bahwa dari hasil perundingan di Paris, akhir Oktober kemarin, alhamdulillah Indonesia diterima secara aklamasi sebagai anggota tetap ke-40 Financial Action Task Force (FATF)," kata Jokowi.

Sebagai informasi, FATF adalah organisasi internasional yang berfokus pada upaya global dalam pemberantasan tindak pidana pencucian uang, pendanaan terorisme, dan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal.

Menurut Jokowi, keanggotaan FATF ini penting untuk meningkatkan persepsi positif terhadap sistem keuangan Indonesia. Peningkatan persepsi positif terhadap sistem keuangan Indonesia akan mendorong keyakinan dan kepercayaan terhadap iklim bisnis dan investasi di Tanah Air.

"Ini penting untuk meningkatkan persepsi positif terhadap sistem keuangan Indonesia, yang akhirnya akan berdampak terhadap meningkatnya confident, meningkatnya trust Indonesia di sisi bisnis dan iklim investasi," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang serta pemangku kepentingan lainnya atas kerja keras dan komitmennya sehingga hal ini bisa terwujud.

"Kita harapkan ini akan menjadi langkah awal menuju tata kelola rezim antipencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme Indonesia yang lebih baik," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menurut keterangan di laman resmi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dengan bergabungnya Indonesia sebagai anggota tetap FATF maka akan dapat memberikan kontribusi luas.

Kontribusi tersebut bermanfaat dalam hal penentuan kebijakan strategis global terkait Anti-Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) sehingga semakin mempertegas Indonesia sebagai negara yang berintegritas dan mampu berkontribusi aktif di kancah internasional.(ar)