Pimpin Pelepasan Bantuan ke Palestina, Jokowi: Bentuk Solidaritas Kita

Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno marsudi saat melepas bantuan kemanusiaan untuk palestina, Sabtu (4/11/2023) (gemapos/X,@divisihumaspolri)
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno marsudi saat melepas bantuan kemanusiaan untuk palestina, Sabtu (4/11/2023) (gemapos/X,@divisihumaspolri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Halim Perdanakusuma. Sebanyak 51,5 ton bantuan akan dikirimkan ke Palestina lewat Mesir.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk  solidaritas bersama antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Dia menegaskan ini sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia terhadap Palestina.

"Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan," ujar Jokowi saat memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Sabtu (4/11/2023).

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa bantuan tersebut akan dikirim ke Palestina melalui bandara di Mesir.

"Pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza, ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan 3 pesawat, dan berisi 51,5 ton bantuan," kata Jokowi

Bantuan yang dkirimkan pada tahap awal ini beirikan bahan makanan hingga peralatan medis.

"Berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan," ucapnya. (ns)