KPU RI Bersiap di Hari Pertama Pendaftaran Capres-Cawapres

Suasana Kantor KPU jelang pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres di Jakarta, Kamis (19/10/2023). (foto:gemapos/ant)
Suasana Kantor KPU jelang pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres di Jakarta, Kamis (19/10/2023). (foto:gemapos/ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersiap-siap menyambut bakal pasangan capres-cawapres yang akan mendaftar di hari pertama pendaftaran calon peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Dari tiga bakal pasangan calon yang akan berkompetisi, dua di antaranya dijadwalkan mendaftarkan diri ke KPU RI di hari pertama, Kamis, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan pantauan di apangan, di halaman depan Kantor KPU RI terdapat ribuan massa memadati kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat; sehingga polisi dan petugas keamanan setempat membatasi orang-orang yang ingin masuk ke dalam Kantor KPU RI.

Tepat di depan gerbang utama Kantor KPU RI, massa yang ingin masuk wajib menunjukkan kartu identitas khusus.

Kemudian, tepat di depan gerbang di bagian dalam Kantor KPU RI, tamu undangan wajib menjalani pemeriksaan tubuh dan barang-barang yang dibawa harus diperiksa melalui alat pendeteksi x-ray.

Pasangan Anies-Muhaimin dijadwalkan menjadi pendaftar pertama yaitu di hari Kamis, sekitar pukul 08.00 WIB. Namun hingga pukul 08.50 WIB, rombongan Anies-Muhaimin masih bersiap-siap di NasDem Tower, Cikini, Jakarta Pusat.

Kemudian, KPU juga menjadwalkan pendaftaran bakal pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Kamis, sekitar 

Sementara itu, KPU membuka pendaftaran untuk pasangan Ganjar dan Mahfud pada Kamis, sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, rombongan Ganjar-Mahfud diperkirakan tiba di Kantor KPU RI pada Kamis siang.

Di halaman dalam Kantor KPU RI, disediakan panggung dan tribun untuk pasangan bakal capres-cawapres menyampaikan pidato atau sambutan mereka. Di lokasi itu juga, akan digelar jumpa pers usai mendaftar.

Sementara itu, area pendaftaran akan ditempatkan di Lantai 2 Kantor KPU RI. Massa yang diperbolehkan masuk ke ruang pendaftaran juga dibatasi. Untuk media, hanya pewarta foto dan juru kamera TV yang diperkenankan meliput di lokasi tersebut. (ft)