BMKG Perkirakan Sebagian Sumut Berpotensi Hujan Lebat Sabtu Sore-Malam

Ilustrasi: Hujan lebat (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi: Hujan lebat (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat pada Sabtu sore dan malam hari.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba, Sabtu mengatakan secara umum cuaca pada Sabtu siang dan sore berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Malam hari juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Asahan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, P.adang Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya.

Dini Hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah di Pantai Timur, Lereng Timur, Pegunungan, dan Lereng Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.

Sementara suhu udara: 17 – 33.0 .Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 97 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan10 – 30 km/jam.(ra)