Waspada! Ketahui Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Ilustrasi - Waspada! ketahui gejala kolesterol pada perempuan. (foto:gemapos/pixabay)
Ilustrasi - Waspada! ketahui gejala kolesterol pada perempuan. (foto:gemapos/pixabay)

Gemapos.ID (Jakarta) - Gejala kolesterol pada Wanita akan terlihat seiring bertambahnya usia. Banyak yang belum mengetahui, bahwa Wanita juga memiliki resiko kolesterol tinggi dengan gejala yang harus diwaspadai kemunculannya.

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh dapat menimbulkan resiko berbagai macam penyakit. Seperti penyakit jantung, sirosis, bahkan kanker hati. Tingginya kolesterol juga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak karena kurangnya asupan oksigen dan darah.

Gejala akan mulai dirasakan Ketika kolesterol sudah memiliki kadar yang cukup tinggi. Meskipun kondisi tersebut bisa menyerang siapa saja, perlu juga diwaspadai kemunculannya pada tubuh Wanita.

Dikutip dari laman detikhealth dan Cleveland Clinic, Health Match dan WebM berikut beberapa hal yang perlu diwaspadai dari munculnya gejala kolesterol tinggi pada Wanita:

1. Tekanan Darah Tinggi

Ketika plak kolesterol dan kalsium mengakibatkan arteri keras dan sempit, maka dari itu jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

2. Xanthelasma Palpebrarum (XP)

Xanthelasma Palpebrarum (XP) adalah xanthoma kulit yang paling umum, ditandai dengan plak kekuningan diatas kelopak mata. Kelebihan kadar kolesterol jahat dalam aliran dapat memunculkan endapan lemak yang menggumpal dan menimbulkan masalah pada fungsi kelopak mata.

3. Terasa Nyeri pada Bagian Kaki

Kondisi tersebut akibat dari arteri yang tersumbat di kaki dan tidak mengalirkan darah yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Lidah Berubah Warna Menjadi Ungu

Kondisi tersebut bisa saja terjadi ketika darah tidak mengalir dengan baik melalui jaringan. Sehingga mengakibatkan kecepatan aliran darah yang berkurang.

5. Lesi Kulit

Karena penumpukan kolesterol jahat maka terjadi kemunculan lesi kulit yang keras dan seperti lilin. Kemunculannya berupa benjolan kecil, nodul, bahkan tumor jinak yang akan membesar dengan berjalannya waktu. (na)