Yuk, Simak Manfaat Jalan Kaki Untuk Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi olahraga jalan kaki
Ilustrasi olahraga jalan kaki

Gemapos.ID (Jakarta) - Jalan kaki adalah olahraga yang gratis untuk dilakukan, tidak memerlukan keterampilan atau peralatan khusus dan mudah menjadi rutinitas sehari-hari. Bagian terbaiknya jalan kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Berikut lima manfaat jalan kaki untuk kesehatan, yuk simak:

1. Dapat Membantu Pertahankan Berat Badan 

Seperti yang kita tahu, berjalan membakar kalori dan dapat membantu menjaga massa otot. Jadi, masuk akal jika itu bisa berperan dalam manajemen berat badan.  

Salah satu studi International Journal of Obesity menemukan bahwa mereka yang mengambil 15.000 langkah atau lebih per hari cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak duduk.

Untuk mewujudkannya, pertimbangkan untuk menyebarkan langkah Anda sepanjang hari, karena dibutuhkan rata-rata orang sekitar 2 jam untuk mencapai angka itu.  Tipsnya, mungkin anda berjalan-jalan selama satu jam sebelum bekerja dan kemudian melanjutkan saat pulang kantor.

2. Dapat Membantu Mengelola Kondisi Kronis

Jika dokter anda memiliki peningkatan risiko untuk kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes, pertimbangkan untuk menjadikan jalan-jalan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.  

Menggunakan data dari studi National Walkers' Health, para peneliti menemukan bahwa berjalan-jalan secara teratur mengurangi risiko kondisi ini masing-masing sebesar 7,7 persen, 7 persen dan 12,3 persen.

3. Dapat Menghilangkan Stres

Berjalan-jalan juga dapat membantu anda masuk ke mode relaksasi dan jauh lebih baik untuk kesehatan, hal itu karena meningkatnya aliran darah dan sirkulasi darah ke tubuh dan otak. Faktanya, hanya 10 menit berjalan kaki dapat meningkatkan mood.

Sesekali, pergilah ke jalan setapak di hutan atau taman. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan di alam dapat meningkatkan kondisi mental anda.

Ajak teman atau hewan peliharaan untuk ikut juga dapat membantu anda mendapatkan lebih banyak manfaat penghilang stres dari jalan-jalan anda. Memiliki sedikit interaksi sosial dapat membuat anda merasa terhubung dengan orang lain, yang dapat membuat anda merasa lebih bahagia.  

4. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh 

Mempertahankan sistem kekebalan yang sehat adalah hal yang paling penting bagi semua orang akhir-akhir ini dan berjalan tampaknya sedikit membantu. 

Salah satu studi menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit menyebabkan peningkatan sementara sel darah putih yang menyerang virus.  

Penelitian tambahan mendukung temuan ini.  Sebuah studi British Journal of Sports Medicine melacak 1.000 orang dewasa selama musim flu dan menemukan bahwa mereka yang berjalan selama 30 hingga 45 menit sehari memiliki hari sakit 43 persen lebih sedikit daripada rekan-rekan mereka yang tidak banyak bergerak.  Mereka juga cenderung memiliki gejala yang relatif ringan jika mereka sakit.

5. Dapat Memperpanjang Hidup

Stres kronis dan kondisi kesehatan kronis semuanya dapat meningkatkan risiko kematian dini anda, seharusnya tidak mengherankan bahwa mengendalikan faktor-faktor ini dapat membantu memperpanjang hidup anda.

Salah satu tinjauan dari 14 studi berjalan termasuk data dari 280.000 orang menemukan bahwa berjalan sekitar tiga jam per minggu dikaitkan dengan 11 persen pengurangan risiko kematian dari semua penyebab dibandingkan dengan mereka yang melakukan sedikit atau tidak ada aktivitas.

itulah lima manfaat berjalan kaki untuk tubuh, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?(rpb/ar)