Jumlah Titik Panas Kaltim Turun dari 254 Jadi 217

Petugas sedang memadamkan karhutla di Kabupaten Penajam Paser Utara. (foto:gemapos/ant/Pusdalops Kabupaten PPU)
Petugas sedang memadamkan karhutla di Kabupaten Penajam Paser Utara. (foto:gemapos/ant/Pusdalops Kabupaten PPU)


Gemapos.ID (Jakarta) -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam dua hari, dari 254 titik pada Sabtu (23/9)  menjadi 217 titik pada Minggu (24/9).

"Sebanyak 217 titik panas tersebut terpantau sepanjang hari Minggu kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin (25/9/2023).

Sedangkan 254 titik panas yang terpantau sehari sebelumnya juga terjadi dalam jam yang sama. Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi kebakaran, terutama kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sebanyak 217 titik panas ini tersebar pada sembilan kabupaten/kota dan telah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sebanyak sembilan daerah yang terdeteksi 217 titik panas ini adalah Balikpapan satu titik, Bontang satu titik, Kabupaten Paser 35, Penajam Paser Utara satu titik, Kutai Barat 19, Kutai Timur 68, Kutai Kartanegara 65, Berau enam titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu terdeteksi 21 titik.

Rinciannya antara lain 35 titik di Paser tersebar pada delapan kecamatan yakni Batu Sopang dua titik, Muara Samu dua titik, Batu Engau 15, Kuaro satu titik, Long Kali delapan titik, Muara Komam satu titik, Pasir Belengkong dua titik, dan Kecamatan Tanah Grogot empat titik dengan tingkat kepercayaan menengah.

"Di Kutai Barat yang terdeteksi 19 titik, tersebar pada sembilan kecamatan yakni Barong Tongkok satu titik, Damai satu titik, Dilangputi dua titik, Jempang tiga titik, Long Iram tiga titik, Muara Pahu satu titik, Nyuatan dua titik, Siluq Ngurai tiga titik dan Kecamatan Tering tiga titik," kata Diyan. (rk)