Mau Wisata ke Ciwidey Bandung? Catat Akses Transportasi Menuju ke Sana

Ciwidey Bandung (foto: gemapos/traveloka)
Ciwidey Bandung (foto: gemapos/traveloka)


Gemapos.ID (Jakarta) Bagi sebagian orang, wisata alam berguna untuk melupakan kepenatan kota dengan segala rutinitasnya. Menikmati pegunungan, air terjun, hingga sejuknya udara perkebunan teh bisa kamu rasakan apabila memilih lokasi liburan yang mengedepankan alam.

Jika kamu tinggal di Jabodetabek, tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati wisata alam yang lengkap. Ciwidey di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, merupakan tempat wisata alam yang lengkap dengan berbagai atraksinya.

Di Ciwidey, beragam objek wisata alam yang menjadi daya tarik masyarakat seperti Kawah Putih, perkebunan teh, Rancaupas, Bukit Jamur, dan masih banyak lagi tempat untuk kamu kunjungi.

Sayangnya, lokasi surga alam Ciwidey tidak dekat dengan stasiun, tol, terminal, maupun bandara. Akses transportasi umum menuju tempat wisata ini juga tergolong tidak mudah, kecuali kamu menggunakan kendaraan pribadi.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah cara-cara yang bisa ditempuh menuju ke Ciwidey dari berbagai lokasi pemberhentian transportasi umum terdekat dari Ciwidey, Kabupaten Bandung.

1. Terminal Leuwi Panjang
Jika kamu pergi ke Ciwidey menggunakan bus dari luar kota, kamu bisa memilih bus dengan tujuan Bandung Terminal Leuwi Panjang. Dari sana, ada angkutan khusus menuju Ciwidey, angkutan ini biasanya berupa mobil Colt L300.

Mobil ini nantinya akan mengantarkan kamu hingga terminal Cibeureum, Ciwidey. Perjalanan menempuh 28,8 km selama 53 menit dengan tarif sebesar Rp20 ribu.

Setelah sampai, kamu bisa menggunakan angkutan umum lokal sesuai dengan tujuan wisata kamu. Contohnya, jika kamu ingin pergi ke Kawah Putih, kamu bisa naik angkot Ciwidey-Patenggang dan kamu bisa turun di depan gerbang tempat wisata tersebut.

2. Bandara Husein Sastranegara
Sebelum pindah ke Bandara Kertajati pada Oktober 2023, sementara ini penerbangan antar kota dan antar negara di wilayah Bandung masih beroperasi di Bandara Husein Sastranegara. Bandara ini cukup dekat dengan Ciwidey, yaitu berjarak sekitar 34,3 km.

Jika mau lebih mudah dan efisien, dari Bandara Husein Sastranegara, kamu bisa menggunakan taksi konvensional atau online menuju Ciwidey, yang memakan waktu perjalanan 1 sampai 2 jam via Tol Soreang.

Apabila enggan menggunakan taksi, kamu. bisa lebih dulu menuju ke Terminal Leuwi Panjang dan mengikuti petunjuk angkutan umum ke Ciwidey seperti pada pembahasan sebelumnya.

3. Stasiun Bandung
Jika kamu berangkat ke Bandung menggunakan kereta, kamu bisa menetapkan tujuan akhir di Stasiun Bandung. Karena tidak ada stasiun kereta di wilayah Ciwidey, kamu juga bisa menuju Ciwidey menggunakan kendaraan Colt L300 dari Terminal Leuwi Panjang.
Stasiun Bandung adalah salah satu stasiun yang dekat lokasinya dengan Terminal Leuwi Panjang. Dari Stasiun Bandung, menyebrang ke arah Jl. Dulatif dan naik angkot berwarna ungu hingga Jl. Otto Iskandar Dinata menuju Terminal Leuwi Panjang.

Sama seperti instruksi sebelumnya, kamu bisa gunakan kendaraan umum Colt L300 dari Terminal Leuwi Panjang untuk menuju ke Ciwidey.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan taksi konvensional atau online dari Stasiun Bandung untuk menuju ke Ciwidey, dengan estimasi waktu 1 sampai 2 jam perjalanan.

4. Kendaraan Pribadi
Untuk kamu yang menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, gunakan tol adalah jalur tercepat. Kamu bisa memakai Google Maps atau aplikasi Waze untuk mengarahkan perjalanan kamu naik mobil ke Ciwidey.

Agar mudah sampai ke Ciwidey, pilih jalan keluar Gerbang Tol Soreang sebagai gerbang tol terdekat menuju ke Ciwidey. Keluar gerbang tol, kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju ke tempat wisata tujuan di Ciwidey.

Perjalanan dari sekitaran Jakarta ke Ciwidey biasanya memakan waktu tiga sampai empat jam. Jangan lupa membawa e-Toll atau e-money yang terisi dana ketika melakukan perjalanan ini.(da)