Hutan Pinus Mangunan, Pesona Alam yang Indah di Jawa Tengah

Hutan Pinus Mangunan (foto: gemapos/Visiting Jogja)
Hutan Pinus Mangunan (foto: gemapos/Visiting Jogja)


Gemapos.ID (Jakarta) Hutan Pinus Mangunan adalah tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam hutan pinus yang indah. Tempat wisata ini berlokasi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah.

Hutan Pinus Mangunan banyak dikunjungi karena selain menyuguhkan pesona alam yang indah, akses menuju lokasi juga cukup mudah.

Selain itu, pengunjung juga dapat datang kapan saja sebab tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Kamu bisa menikmati keindahan dan kesejukan hutan di pagi hari atau suasana teduh hutan di sore hari.

Pada awalnya Hutan Pinus Mangunan adalah tanah yang tandus dan kering. Kemudian lahan sebesar 500 hektare tersebut ditanami aneka pepohonan seperti mahoni, akasia, merkusi, kayu putih, dan pinus.

Pohon-pohon tersebut tumbuh subur dan dikembangkan jadi tempat wisata, seperti dikutip dari situs Visiting Jogja.

Nah kalau kamu tertarik ke hutan yang satu ini, simak dahulu lokasi, fasilitas, tiket masuk, dan spot menarik di Hutan Pinus Mangunan berikut.

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai Hutan Pinus Mangunan dari Yogyakarta cukup mudah. Sebab tempat wisata ini dekat dari pusat Kota Yogyakarta, hanya 22 km atau hanya sekitar 1 jam perjalanan ke arah selatan.

Fasilitas dan Tiket Masuk
Hutan Pinus Mangunan juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti :

area parkir yang luas,
toilet,
musala, dan
warung makan.
Untuk tiket masuk Hutan Pinus Mangunan tidak dikenakan biaya alias gratis, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir.

Motor Rp3 ribu
Mobil Rp10 ribu
Bus Rp20 ribu

Spot Menarik dan Kegiatan
Di Hutan Pinus Mangunan tersedia dua gardu pandang. Gardu pandang pertama tidak terlalu tinggi dan pengunjung dapat melihat kawasan hutan pinus dari atas.

Sementara di gardu kedua, lokasinya lebih tinggi dan terdiri dari dua lantai. Dari sini, pengunjung dapat melihat pemandangan alam hutan pinus dan kawasan sekitarnya dari ketinggian.

Selain itu, di Hutan Pinus Mangunan juga menyediakan berbagai spot yang menarik untuk berfoto berkonsep pre wedding.

Tempat ini menyediakan panggung, kursi kayu, segitiga akar, sarang burung, rumah pohon, tangan dewa, taman bunga, dan masih banyak lain.

Hutan Pinus Mangunan juga menawarkan kegiatan alam yang menantang seperti area outbound, camping ground, dan jeep wisata yang dapat dicoba dengan biaya tambahan.

Demikian informasi lengkap mengenai Hutan Pinus Mangunan. Kalau ke Yogyakarta dan sekitarnya, jangan lupa mengunjungi hutan yang satu ini, ya. Selamat berwisata!(da)