Ini Daftar 5 Mobil Listrik Pelayan Tamu Negara di KTT ke-43 ASEAN

Ini Daftar 5 Mobil Listrik Pelayan Tamu Negara di KTT ke-43 ASEAN (foto: gemapos/wulingmotors)
Ini Daftar 5 Mobil Listrik Pelayan Tamu Negara di KTT ke-43 ASEAN (foto: gemapos/wulingmotors)


Gemapos.ID (Jakarta) Setidaknya ada lima model mobil listrik yang bakal melayani para tamu kenegaraan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023 di Jakarta. Jumlah total mobil listrik yang akan digunakan sebanyak 608 unit.

Kelima mobil listrik tersebut berasal dari empat Agen Pemegang Merek, yaitu Hyundai Motors Indonesia (HMID), SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors), Toyota Astra Motor (TAM) dan BMW Indonesia. Semua mobil statusnya pinjaman, berikut rinciannya seperti dijelaskan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf):

1. Hyundai Ioniq 5
HMID menyediakan mobil listrik pertama produksi dalam negeri yang merupakan langganan acara kenegaraan, Ioniq 5, sebanyak 272 unit. Penyerahan hatchback ini sudah dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11 Agustus lalu.

2. Hyundai Ioniq 6
Selain Ioniq 5, HMID juga menyiapkan 74 unit mobil listrik terbaru mereka, Ioniq 6. Sedan listrik ini baru saja meluncur di GIIAS bulan lalu dengan banderol nyaris Rp1,2 miliar.

Ioniq 5 akan dipakai sebagai kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan dan operasional panitia nasional. Sedangkan Ioniq 6 bertugas menjadi kendaraan resmi psangan para delegasi VVIP.

3. Wuling Air EV
Mobil listrik terlaris di Indonesia, Wuling Air EV, juga ambil bagian dalam acara KTT ke-43 ASEAN. Ada 150 unit Air EV putih yang dipinjamkan sebagai kendaraan operasional acara di Jakarta Convention Center ini.

Seperti acara kenegaraan sebelumnya, mobil kota Air EV juga punya hiasan di area pintu kanan dan kiri. Kali ini berupa logo resmi KTT ke-43 ASEAN dikombinasikan motif batik khas betawi berupa elang bondol dan melati berwarna jingga dan ungu tua.

4. Toyota bZ4x

Beda dari model mobil listrik lainnya, TAM meminjamkan SUV listrik bZ4x sebanyak 76 unit. Satu-satunya mobil listrik Toyota yang dijual di Indonesia ini harganya setara Ioniq 6 yakni Rp1,19 miliar.

5. BMW i7
Para petinggi kenegaraan bakal dijamu mobil listrik termahal di antara semuanya, yakni BMW i7 xDrive60 Gran Lusso yang harganya Rp3,28 miliar. Ada 36 unit sedan listrik ukuran besar ini yang sudah disiapkan.

BMW Indonesia menyebut telah memberi pelatihan kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk mengemudikan i7 dan mempelajari fitur-fitur khusus yang tersedia.

Sebelum melayani KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, para produsen otomotif ini sudah terlibat di acara kenegaraan sebelumnya yaitu KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT pada 9-11 Mei 2023 dan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022.(da)