Menkes Minta Pemerintah Tiru China Atasi Polusi, Bagaimana Caranya?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: gemapos/menteri kesehatan)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: gemapos/menteri kesehatan)


Gemapos.ID (Jakarta) Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar meniru China dalam mengatasi permasalahan polusi udara.

Menurutnya, China bisa menjadi contoh sukses mengatasi buruknya kualitas udara lantaran mampu menurunkan polusi udara dalam kurun waktu 6 hingga 7 tahun. Jangka waktu tersebut paling cepat dari upaya negara-negara lain dalam menurunkan polusi udara.

Adapun cara China mengatasi polusi adalah menggunakan sebuah sistem yang memanfaatkan sejumlah teknologi, salah satunya GCMS atau gas chromatography mass spectrometry. Alat ini digunakan untuk proses analisa senyawa kimia organik yang mudah menguap.

"Kalau metode GCMS, jadi kita meniru dari China. Jadi waktu ini kejadian saya minta teman-teman untuk mempelajari dari China," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).

Menurut Menkes, sistem tersebut nantinya dengan mudah dapat menentukan penyebab polusi di suatu wilayah, apakah dari kendaraan, pabrik, dan sebagainya.

"Nah di China itu mereka sudah punya itu alatnya, bahwa setiap PM2,5 ini kita mesti ukur 3 aja, bentuknya, beratnya, sama jenis kimianya. Nah beratnya diukur pakai GCMS, bentuknya pake X-ray, kimianya pakai infrared," imbuhnya.

"Jadi kalau kita punya 3 alat ini, kita bisa tahu beratnya, bentuknya, sama sinyal kimianya. Kalau tahu 3 ini kita bakal tahu asalnya dari mana PM2,5," sambungnya lagi.