Sandiaga Nilai FIBA World Cup Berikan Atmosfer Layaknya NBA

Suasana pertandingan Timnas basket Lebanon dengan Timnas basket Prancis dalam babak fase grup FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (29/8/2023)(foto: ant)
Suasana pertandingan Timnas basket Lebanon dengan Timnas basket Prancis dalam babak fase grup FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (29/8/2023)(foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai ajang wisata olahraga atau sport tourism internasional FIBA World Cup 2023 yang digelar di Indonesia Arena memberikan atmosfer khusus layaknya liga basket Amerika (National Basketball Association/NBA).

“Sebagai lokasi baru, Indonesia Arena tentu memberikan atmosfer khusus yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Atmosfer yang muncul dalam pertandingan itu layaknya liga basket Amerika (NBA),” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Dirinya juga berharap FIBA World Cup 2023 bisa menjadi pemicu prestasi bola basket Tanah Air agar lebih baik sehingga mampu menembus level internasional.

“Ini dibangun untuk mengangkat perhelatan (event) ini menjadi kelas dunia dan tim kita (Indonesia) juga harus punya prestasi paling tidak di tingkat Asia,” katanya.

Pria yang juga seorang pencinta olahraga basket pun mengaku terharu saat memasuki stadion indoor multifungsi terbesar di Indonesia tersebut.

“Tadi pertandingannya seru banget dan saya merasakan suasana yang luar biasa. Masih ada sampai tanggal 3 (September) datanglah ke Indonesia Arena dan nikmati suatu pertandingan yang mungkin biasa kita lihat di tv di NBA, sekarang kita bisa lihat langsung," ujarnya.

Menparekraf juga menjelaskan bahwa Kemenparekraf terus berkomitmen untuk mendukung perhelatan atau ajang internasional, khususnya di bidang olahraga.

Dirinya juga mengatakan bahwa pemerintah berharap agar masyarakat turut berpartisipasi untuk mendukung dan menyukseskan berbagai perhelatan internasional yang digelar di Indonesia.

“FIBA World Cup ini tidak setiap hari ada, tim-tim bagus berkelas dunia di venue kelas dunia hadir di Jakarta,” katanya.(da)