Resmi! Berikut Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (foto: PT KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (foto: PT KCIC)


Gemapos.ID (Jakarta) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditarget segera beroperasi pada Oktober 2023. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diusulkan Rp 250 ribu selama 3 tahun. Tarif ini adalah tarif diskon.

"Tarif kita usulkan ke Kementerian Perhubungan ya, tiga tahun ini diusulkan untuk diskon tarif Rp 250.000, sama seperti Kereta Api Argo Parahyangan. Biar penumpang memilih apakah kereta cepat, mereka yang mau cepat. Mungkin yang sesuai perjalanannya dengan KAI silahkan pakai KAI. Rp 250.000 itu untuk kelas II ya," katanya ditemui di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jakarta Timur, Sabtu (12/8/2023).

Namun, ia enggan memberikan keterangan sebenarnya berapa harga normal dari Kereta Cepat Jakarta- Bandung tersebut. Ia hanya menegaskan bahwa harga tersebut dinilai sudah ideal.

"Yang penting Rp 250.000, dulu untuk menarik minat beralih dari jalan tol ke Kereta Cepat dan mengurangi macet. Semurah mungkin Rp 250.000 pasti ideal," jelasnya.

Saat ini progres pengerjaan proyek terus dilakukan. Untuk Stasiun Halim sendiri sudah mencapai 98%, artinya tinggal penyelesaian akhir. Dwiyana menjelaskan, Stasiun Halim juga akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jl DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvesional maupun online.

"Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diharapkan bisa dengan mudah menjangkau Stasiun KA Cepat Halim. Karena itu kami berusaha untuk menyediakan berbagai akses yang strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujarnya.

Penyediaan akses Terusan Jalan DI Pandjaitan merupakan kolaborasi antara KCIC dengan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu KCIC juga berkolaborasi dengan Jasa Marga untuk menyediakan Exit Tol km 1+850 agar masyarakat bisa mengakses langsung Stasiun Halim dari tol Jakarta - Cikampek. Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023.

"Kehadiran integrasi antarmoda ini diperlukan untuk memudahkan masyarakat. Dengan akses yang mudah dan moda transportasi yang beragam, diharapkan masyarakat tidak kesulitan untuk menuju stasiun KA Cepat Halim yang nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai pusat aktifitas seperti perkantoran, hotel, retail dan lainnya," ujar Dwiyana.

Sebelumnya soal tarif, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga pernah mengatakan bahwa tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di 3 tahun pertama dengan jarak terdekat Rp 125 ribu. Harga itu lebih murah dari pengumuman sebelumnya yang minimal Rp 150 ribu.(da)