Beberapa Wilayah Indonesia Membeku Saat Dunia Memanas, Cek Faktanya

Cuaca panas (foto: GEMAPOS/DA)
Cuaca panas (foto: GEMAPOS/DA)


Gemapos.ID (Jakarta) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap enam wilayah di Indonesia memiliki suhu lebih dingin dari biasanya ketika suhu dunia sedang memanas.

Berdasarkan data BMKG, umumnya kondisi suhu maksimum pada siang hari di wilayah Indonesia terukur berada pada kisaran 33-35 derajat Celsius. Di belahan Bumi utara, gelombang panas bahkan memanggang sejumlah negara dengan suhu hingga tembus 40 derajat Celsius.

Sementara, enam wilayah RI punya suhu di bawah 20 derajat Celsius.

"Sedangkan variasi suhu minimum terendah berdasarkan data terakhir terjadi di Enarotali-Papua dan Wamena Jayawijaya dengan kisaran 14-15 derajat Celsius," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri, Kamis (10/8).

Ia menjelaskan kondisi suhu dingin masih dapat berlangsung dalam periode Agustus selama periode kemarau. Andri menjelaskan suhu dingin sebetulnya merupakan fenomena alamiah yang umum di periode puncak musim kemarau (Juli - September).

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal mengatakan fenomena suhu dingin ini dapat lebih terasa pada malam hari di musim kemarau. Hal ini disebabkan Bumi tidak menerima radiasi Matahari sebagai sumber panas pada malam hari di musim kemarau.

"Pada kondisi seperti ini, kondisi udara pada malam hari lebih dingin dibanding kondisi udara malam hari di musim hujan," kata Herizal beberapa waktu lalu

Ia menjelaskan radiasi Bumi bisa terlepas maksimal ke angkasa ketika udara cerah tidak berawan, sehingga kondisi itu membuat udara pada malam hari lebih dingin dibanding kondisi udara malam hari ketika musim hujan.

Berikut enam wilayah yang memiliki suhu lebih dingin:

Papua
Andri menjelaskan Stasiun Meteorologi Wamena Jaya Wijaya, Papua pernah mencatat suhu terendah 4,5 derajat Celsius pada bulan Agustus dan Desember tahun 2015.

Kini, rata-rata suhu udara di wilayah tersebut berada di bawah 10 derajat Celsius. Suhu dingin ini tercatat di bulan Juni hingga Agustus serta Oktober hingga Desember.

Nusa Tenggara Timur
Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega - Ruteng, NTT, mencatat suhu terendah 5,4 derajat Celsius pada 30 Juni 2003. Saat ini rata-rata suhu udara di bawah 10 derajat Celsius tercatat di bulan Mei hingga Agustus.

Sulawesi Selatan
Stasiun Meteorologi Pongitiku Toraja - Sulawesi Selatan, mencatat suhu terendah 5,8 derajat Celsius pada 1 Juli 2011. BMKG memprediksi wilayah ini akan memiliki rata-rata suhu udara di bawah 10 derajat Celsius di bulan Juni hingga Oktober.

Kalimantan Utara
Stasiun Meteorologi Yuvai Semaring Nunukan, Kalimantan Utara, mencatat suhu terendah 8,4 derajat Celsius pada 8 Februari 2011. Saat ini rata-rata suhu udara di bawah 13 derajat Celsius tercatat di bulan Januari hingga Februari dan Juni hingga September.

Bandung
Stasiun Geofisika Bandung mencatat suhu terendah di Kota Kembang 12,6 derajat Celcius pada 2 Juni 2004. Kini rata-rata suhu udara di bawah 16 derajat Celsius dari bulan Mei hingga Agustus.

Sumatra Barat
Stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumatra Barat, mencatat suhu terendah 11,1 derajat Celsius pada saat 19 Desember 2018. BMKG memprediksi rata-rata suhu udara di bawah 16 derajat Celsius tercatat pada bulan Mei hingga November.(da)