BMKG: Kota-kota Besar di Indonesia Didominasi Kondisi Cuaca Cerah Berawan

Ilustrasi: Cuaca di Monumen Nasional (Monas) Pada Siang Hari
Ilustrasi: Cuaca di Monumen Nasional (Monas) Pada Siang Hari

Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cerah berawan mendominasi hampir keseluruhan cuaca kota-kota besar di Indonesia pada Rabu (17/5).

Berdasarkan data yang dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu melaporkan kondisi cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di sejumlah kota seperti Denpasar, Serang, Maluku, Yogyakarta, Jakarta, Jambi, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkalpinang, Ambon, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Manado, Medan, dan Padang pada siang hari.

Cuaca cerah berpotensi terjadi di dua daerah seperti Banda Aceh dan Tarakan dengan suhu udara berkisar 24 - 35 derajat Celsius.

Sedangkan cuaca berawan berpotensi terjadi di Semarang, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Jayapura, dan Mamuju.

Hujan ringan diprakirakan turun di Gorontalo, Bandung, Ternate, Manokwari, Makassar, dan Kendari dengan intensitas ringan dan kelembaban 60 - 95 persen.

Adapun hujan sedang diprakirakan turun di Bandar Lampung dan hujan disertai petir diprakirakan turun di Palembang.

Memasuki malam hari, cuaca berawan lebih mendominasi di sejumlah kota besar di Indonesia seperti di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Samarinda, Ambon, Jayapura, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Palembang.

Cuaca cerah berpotensi terjadi di Kupang dan Tarakan dengan suhu udara berkisar 18 - 32 derajat Celsius.

Sedangkan cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Denpasar, Gorontalo, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Mataram, Manado, dan Padang.

Adapun hujan diprakirakan turun di sejumlah daerah seperti Jambi, Bandung, Palangka Raya, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, Medan, dengan intensitas ringan serta Bandar Lampung dengan intensitas sedang.

Meskipun demikian, BMKG mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai seluruh potensi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu.(ri)