Geger Miss Universe Indonesia 2023 Diduga Diminta Berfoto Tanpa Busana

Miss Universe Indonesia (foto: instagram)
Miss Universe Indonesia (foto: instagram)


Gemapos.ID (Jakarta) Viral polemik para finalis ajang Miss Universe Indonesia yang diminta untuk berfoto tanpa busana, sebagai salah satu penilaian kompetisi tersebut. Gagasan sesi foto tak mengenakan sehelai kain itu, dinilai tidak etis. 

Kabar tersebut terungkap dari salah satu unggahan Instagram story, National Director Miss Universe Indonesia Bali, Sally Giovanny. Menurutnya, sesi foto tanpa busan merupakan hal yang melanggar aturan karena tidak ada dalam kesepakatan aspek penilaian sebelumnya. 

“Saya mendapat kabar anak-anak melakukan body check dan disuruh telanjang, tetapi difoto. Apakah diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho. Kalau ternyata disebarluaskan bagaimana?” ujarnya melalui akun Instagram @sally.giovanny.

Setelah viral kabar tersebut, CEO Miss Universe Indonesia, Eldwen Wang mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran dirinya, disampaikan lewat unggahan akun Instagramnya @wangjinseok, Sabtu (5/8/2023).

“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada Direktur Nasional kami, Ms. Poppy Capella karena telah mempercayakan saya dengan tugas dan misi besar ini untuk membawa kekuatan yang sangat percaya diri, memberdayakan perempuan, memimpin secara transformasi, untuk nilai-nilai inti yang baik dari Indonesia ke Universe,” demikian keterangan tertulis tersebut.

Eldwen juga menyampaikan permohonan maaf lantaran membuat keputusan pengunduran diri dan memilih berfokus pada karir dalam pekerjaannya sebelumnya di kampung halamannya. Diketahui, Eldwen turut mematikan kolom komentar dan tombol share post khusus untuk unggahan tersebut.

“Setiap informasi dan tanggung jawab mengenai Miss Universe Indonesia silakan hubungi melalui PT. CSK. Sekali lagi, terima kasih MUID, finalis, pendukung, dan pecinta kontes atas perjalanan luar biasa yang tak terlupakan seumur hidup ini. Sampai jumpa,” tulisnya.(da)