Jokowi Buka Suara Soal Calon Panglima TNI dan KSAD yang Bakal Pensiun 2023

Presiden Jokowi saat pelantikan Perwira TNI-Polri tahun 2023 di Istana Merdeka (foto: sekertariat kepresidenan)
Presiden Jokowi saat pelantikan Perwira TNI-Polri tahun 2023 di Istana Merdeka (foto: sekertariat kepresidenan)


Gemapos.ID (Jakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal bakal calon Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pengganti Laksamana Yudo Margono serta Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sebab, Yudo dan Dudung akan memasuki masa pensiun pada akhir 2023, yakni November.

“Masih lama (Panglima) ,” kata Jokowi di Sukabumi pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Disamping itu, Jokowi tidak mau menanggapi informasi akan diperpanjangnya Dudung untuk dijadikan sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. “Masih lama, masih November,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara pada Senin, 19 Desember 2022. Yudo dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa, karena memasuki masa pensiun pada akhir tahun 2022. Pengangkatan Laksamana TNI Yudo sebagai Panglima TNI ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI/2022, yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 19 Desember 2022. Setelah pembacaan sumpah, Yudo langsung tandatangan surat disaksikan Menteri Prabowo.

Adapun, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono lahir pada 26 November 1965, dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman lahir pada 19 November 1965. Keduanya akan memasuki 58 tahun, yang merupakan usia pensiun perwira TNI pada 2023.(da)