Kapal Perang AS Berlabuh di Indonesia Lagi, Ada Apa?

Kapal Perang AS Berlabuh di Indonesia Lagi (foto: ant)
Kapal Perang AS Berlabuh di Indonesia Lagi (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Kapal perang Amerika Serikat, USS Blue Ridge, bersandar di pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia, pada Rabu (26/7).

Commanding Officer USS Blue Ridge, Dale Gregory Jr, mengatakan kunjungan tersebut digelar untuk memperkuat hubungan AS dan Indonesia.

"Kami di sini, hari ini, bukan untuk pelatihan. Kami membina dan membangun hubungan tak hanya dengan masyarakat Indonesia, tapi juga Angkatan Laut Indonesia dan anggota lain di industri pertahanan," ujar Gregory saat konferensi pers.

USS Blue Ridge, kata dia, tengah melakukan patroli musim panas. Tugas para awak salah satunya untuk bekerja sama dengan mitra di kawasan sesuai hukum.

"Kami di sini, hari ini, untuk membangun hubungan sehingga kita bisa bekerja sama menyelesaikan perbedaan," ujar Gregory.

USS Blue Ridge akan berada di Indonesia selama empat hari dan akan melaksanakan beberapa kegiatan yang dikoordinasikan dengan TNI Angkatan Laut.

Kegiatan itu mencakup courtesy call, special open ships deck reception, bakti sosial, hingga menanam mangrove, demikian laporan Indonesia Defence.

Kapal USS Blue Ridge telah bertugas sebagai kapal komando Armada ke-7 AS sejak 1979.

Armada ini mulanya dirancang sebagai pusat komando dan komunikasi untuk mendukung operasi amfibi. Namun seiring waktu, kapal tersebut menjadi andalan di laut Pasifik.

USS Blue Ridge terlibat dalam berbagai operasi, mulai dari penjinakan ranjau di perairan Vietnam utara hingga evakuasi Saigon.

Di bawah komando Armada ke-7 AS, USS Blue Ridge dikerahkan dari Yokosuka, Jepang, selama 31 tahun dan tak pernah memasuki perairan Amerika, selain Guam.

Kondisi tersebut membuat USS Blue Ridge mencatat rekor sebagai kapal Angkatan Laut AS yang dikerahkan paling lama.

Sebelumnya, kapal induk AS, Ronald Reagan, juga merapat di Bali untuk kunjungan pelabuhan usai operasi rutin di Samudera Hindia.

USS Ronald Reagan (CVN-76) bersama kapal perang USS Antietam (CG-54) dan USS Robert Small (CG-62) tiba Dermaga Tanjung Benoa pada 16 Juli.(da)