PPP Optimis Sandi Jadi Cawapres Ganjar, Ini Alasannya!

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno (foto: ant)
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) optimis Sandiaga Uno memiliki kriteria sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu disampaikan Juru Bicara PPP Achmad Baidowi dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (25/7).

"Sandiaga Uno memiliki kriteria yang dibutuhkan sebagai bakal cawapres Ganjar dan dari aspek elektabilitas terbukti cukup efektif mendongkrak keterpilihan Ganjar. Sebagaimana hasil beberapa lembaga survei," ujar Awiek dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu masuk dalam lima nama tersisa bakal cawapres pendamping bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Adapun dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP bulan Juni lalu, sambung dia, Sandiaga Uno telah direkomendasikan oleh partai berlambang Ka'bah itu sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Meski begitu, dia memastikan bahwa PPP hanya berada dalam posisi mengajukan calon bakal cawapres. Sementara keputusannya tergantung kesepakatan para ketua umum partai politik, terutama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sudah ada lima nama sebagai bakal calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo. 

"Sekarang sudah mengerucut lima nama, salah satunya Cak Imin," kata Puan setelah menghadiri puncak perayaan Hari Lahir (Harlah) Ke-25 PKB di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah, Minggu petang.

Puan menyebut lima nama itu yakni Sandiaga Salahudin Uno, Erick Thohir, Andika Perkasa, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). "Dulu ada 10 nama, sekarang sudah mengerucut ke lima nama," ujarnya. (an)