Cinta Mega Tak Hadiri Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Ini Alasannya

Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta (foto: DPRD DKI Jakarta)
Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta (foto: DPRD DKI Jakarta)


Gemapos.ID (Jakarta) Rapat Paripurna kembali digelar di DPRD DKI Jakarta. Adapun agenda rapat paripurna itu adalah penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono terlihat hadir dalam rapat tersebut. Selain itu beberapa anggota fraksi juga hadir di dalam ruang rapat. Berdasarkan pantauan Gemapos di ruang rapat paripurna, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Cinta Mega, tak terlihat menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD DKI. Cinta mengatakan dirinya sedang tidak fit.

"Ya (tidak hadir). Saya lagi nggak fit," kata Cinta Mega saat dikonfirmasi, Senin, 24 Juli 2023.

Ketidakhadiran Cinta Mega ini terjadi usai dirinya viral diduga bermain game slot dalam rapat paripurna pekan lalu. Cinta Mega meminta maaf kepada semua pihak, terutama kepada fraksi PDI Perjuangan usai diduga kepergok main game slot saat rapat paripurna, yang digelar di Gedung DPRD DKI Jakarta, pada Kamis, 20 Juli 2023.

"Ya, saya meminta maaf kepada semua pihak, terutama fraksi saya atas kejadian tersebut," ujar Cinta Mega saat dihubungi, Jumat, 21 Juli 2023.

Cinta Mega juga mengaku akan siap menerima segala konsekuensi atas tindakannya tersebut. Termasuk, diberi sanksi keras dari internal fraksi PDI Perjuangan maupun pihak DPRD DKI Jakarta.  "Saya menerima konsekuensi berupa sanksi apapun," ucap Cinta Mega.

Cinta Mega sudah mendapat sanksi keras berupa surat teguran yang akan dilaporkan kepada DPD PDIP. Hal tersebut perlu dilaporkan, karena untuk menindaklanjuti dari sisi internal partai. "Atas kejadian itu maka saya sebagai ketua fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, akan melaporkan hasil tindakan yang kami dapatkan hari ini kepada DPD Partai untuk selanjutnya kami serahkan kepada DPD Partai," katanya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono berbicara kemungkinan Cinta Mega tidak lanjut sebagai anggota DPRD DKI Jakarta. Dia beserta pihaknya menilai Cinta Mega diduga melanggar etik karena kedapatan bermain game saat rapat paripurna. "Kami menilai fraksi PDIP berdasarkan rapat tadi menilai bahwa yang bersangkutan melanggar etik. Sanksi dari fraksi yang seperti ini nanti tindak lanjutnya pasti ada. Misalkan apakah yang bersangkutan masih layak lagi dicalonkan sebagai anggota DPRD? Misalkan seperti itu, nanti DPD yang akan ambil sikap secara tegas," ucap dia.(da)