Sempat Alami Kecelakaan, Pembalap Ini Pensiun dan Sukses Jadi Pebisnis

Budiadi Gunawan (foto: ig/@iguncebong.official)
Budiadi Gunawan (foto: ig/@iguncebong.official)


Gemapos.ID (Jakarta) Nama Budiadi Gunawan mungkin bukan sosok yang asing di dunia balap road race. Dia sempat ikut berbagai kejuaraan nasional.

Dimulai pada tahun 2004, pria yang akrab disapa Igun ini memulai kariernya sebagai pembalap road race. Ia termasuk salah satu pembalap asal Wonosobo generasi pertama dan sempat pindah ke Jakarta untuk berkarier sebagai pembalap.

Namun karier Budiadi Gunawan di dunia road race hanya bertahan hingga tahun 2009, dengan alasan utama yaitu kecelakaan dan kekhawatiran utama orang tua membuat Igun harus berhenti dari kariernya sebagai pembalap.  Mulai di titik ini Igun mulai menemukan sektor bisnis akan menjadi hal yang akan dilakukannya selanjutnya.

Pensiun dari dunia balap, Igun pun beralih ke dunia bisnis. Pria yang bernama lengkap Budiadi Gunawan Yulianto ini memulai usaha pertamanya pada tahun 2009.  Ia mendirikan bisnis yang bergerak di bidang penjualan server pulsa Host to Host (H2H) dan retail yang brand-nya diberi nama Ecuan.

Bisnisnya yang Ecuan ini pun berhasil tumbuh dengan memiliki sebuah aplikasi yang dapat diunduh di Playstore. 

Sampai saat ini, bisnis Ecuan ini tetap berjalan hingga sekarang dan dapat diakses melalui website www.cebongpayment.com. Ingin mengembangkan bisnisnya ke bidang lain, pada tahun 2014 Igun membangun bisnis baru yaitu karaoke family and resto yang diberi nama Eatbox Kitchen. 

Sukses dengan bisnis karaoke dan resto, Igun melebarkan sayapnya di tahun 2019 dengan membuka bisnis tempat billiard yang diberi nama Xbox Billiard. Pada awal pandemi, menjadi waktu Igun untuk membuka bisnis baru dan merambah sektor yang masih jarang dipegang oleh orang, yaitu Breeding kucing British Shorthair. Bisnis ini oleh Igun diberi nama Miaumi Cattery.

Bisnis breeding ini mempunyai akun media sosial Instagram @miaumicattery dan telah memiliki 67,5 ribu followers dan akun YouTube. Terdapat beberapa jenis dan warna kucing British Shorthair yang dapat menjadi pilihan para pengadopsi. Tepatnya pada tahun 2023 yang sedang berjalan ini, Budiadi Gunawan ingin menggarap bisnis baru yaitu villa dan properti perumahan.(da)