Sama-sama Besutan Anies, Apakah Tebet Eco Park Akan Bernasib Seperti JIS?

Tebet Eco Park  (ist)
Tebet Eco Park (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Salah satu pembangunan di era Gubernur Anies Baswedan kembali mendapat penghargaan internasional. Adalah Tebet Eco Park yang meraih penghargaan President Design Award Singapore.

Pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto lantas mengomentari Tebet Eco Park bisa bernasib sama dengan Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Untuk diketahui, pemerintah berencana merenovasi JIS menjelang Piala Dunia U-17, dan banyak yang menduganya sebagai upaya untuk menghapus jejak Anies Baswedan.

"Bisa bernasib sama dengan JIS. Dipolitisasi lalu diacak-acak, setelah itu muncul prasasti bahwa taman ini telah direnovasi oleh pak nganu," ujar Gigin dikutip dari Twitter pribadinya, Jumat (14/7).

Sebelumnya, Tebet Eco Park yang dibangun pada masa kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih penghargaan President Design Award Singapore.

“Baru saja diumumkan: Selamat kepada Tebet Eco Park, Design of The Year di President*s Design Award 2023!,” tulis Instagram DesignSingapore Council pada Rabu(12/7/2023).

Anton Siura pendiri Siura Studio yang merancang Tebet Eco Park mengatakan ketika taman dibuka banyak respon positif yang didapatkan, terlebih satu tahun setelahnya.

“Ketika Taman ini dibuka pada April 2022 kami menerima banyak sekali respon positif dari banyak komunitas dan pemerhati desain, dan ini membuka mata pemerintah apa yang dibutuhkan masyarakat terkait bagaimana taman yang baik untuk semua khususnya di Jakarta,” jelasnya.

“Apalagi setelah setahun kami kunjungi kembali dan kami melihat taman ini berkembang dengan amat luar biasa baik itu dari sisi ekologinya maupun kemampuannya untuk menjadi ruang ketiga yang setara bagi semua,” tandasnya.(da)