Basuki: IKN Dibangun untuk Generasi Muda Indonesia

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (foto:gemapos/ant/Kementerian PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (foto:gemapos/ant/Kementerian PUPR)


Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara ditujukan untuk para generasi muda dan kemajuan Indonesia.

"Tugas Kementerian PUPR yang diberikan oleh Bapak Presiden Jokowi adalah membangun infrastruktur dasar IKN, seperti jalan, air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian, juga kantor pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana, dan lain-lain. Dan, ini kawasan masa depan, future smart forest city yang dibangun untuk anak-anak muda Indonesia," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (23/9/2023).

Saat ini, Kementerian PUPR tengah memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan, Kaltim, ke IKN Nusantara , yang sebelumnya sekitar dua jam menjadi 30-45 menit.

"Progres pembangunan IKN Nusantara sekitar 40 persen. Pada tahun 2024 nanti, saya menjadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal di sini. Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar, tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni," kata Basuki.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Indonesia menetapkan sasaran untuk masuk ke jajaran lima besar perekonomian terkuat di dunia dan memiliki pendapatan per kapita negara berpenghasilan tinggi pada 2045.

Sasaran itu dibangun di atas empat pilar utama Visi Indonesia 2045, yaitu pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Pemindahan Ibu Kota Negara dilakukan sebagai salah satu strategi untuk merealisasikan target ekonomi Indonesia 2045, yaitu pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata melalui akselerasi pembangunan kawasan timur Indonesia.

Ibu Kota Negara Nusantara yang selanjutnya disebut IKN mempunyai fungsi sentral dan menjadi simbol suatu negara untuk menunjukkan jati diri bangsa dan negara. (pu)