Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Jadikan NTB Ukir Sejarah Balap Motor RI

Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Jadikan NTB Ukir Sejarah Balap Motor RI
Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Jadikan NTB Ukir Sejarah Balap Motor RI


Gemapos.ID (Jakarta) Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Motocross MNC MXGP Lombok Indonesia 2023. Seri ke-11 MXGP ini berlangsung pada 1-2 Juli 2023 di Sirkuit Internasional MXGP Selaparang, Mataram, NTB.

Bamsoet menjelaskan Sirkuit Internasional MXGP Selaparang Lombok yang digunakan pertama kalinya untuk menyelenggarakan MXGP ini berlokasi di eks Bandara Selaparang. Sirkuit ini memiliki panjang 1.600 meter, lebar 500x144 meter, tekanan angin yang sedang, dan cocok untuk mesin penggaruk tanah berpacu.

Sirkuit ini juga memiliki 16 tikungan dan beberapa area jumping. Lokasinya yang berada eks Bandara Selaparang membuat sirkuit ini memiliki luas yang cukup untuk menampung parkir kendaraan penonton.

"Kehadiran Sirkuit Internasional MXGP Selaparang, Lombok menjadikan NTB mengukir sejarah dalam perkembangan balap motor Indonesia, bahkan dunia," ungkap Bamsoet dalam keterangannya, Senin (3/7/2023).

"NTB memiliki tiga sirkuit internasional yang dapat menyelenggarakan berbagai event balap motor dunia. Yakni World Superbike dan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, serta MXGP di Sirkuit MXGP Samota, Sumbawa, dan Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok," paparnya.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan penyelenggaraan MNC MXGP Lombok Indonesia 2023 membawa berkah. Sebab tiga pembalap kebanggaan Indonesia bisa unjuk diri di kelas MX2, yakni Muhammad Delvintor Alfarizi, Diva Ismayana dan Nakami Vidi Makarim.

"Mereka masing-masing finis di posisi 15, 18 dan 19. Hasilnya memang belum maksimal, namun ini menjadi awal yang bagus. Dengan rutin menjadi tuan rumah, secara otomatis prestasi atlet nasional kita secara bertahap juga akan meningkat pesat," tambahnya.

Ketua MPR RI ini menjelaskan final race MNC MXGP Lombok menyuguhkan pertunjukan seni dan budaya bertajuk 'The Spirit of A Culture'. Pertunjukan tarian kolosal ini mengangkat nilai-nilai semangat dalam perpaduan budaya dan tradisi Suku Sasak, Samawa, Dompu dan Mbojo yang menunjukkan sinergi dan harmoni setiap suku di NTB dengan segala keunikan dan keberagaman entitas budaya.

"Melalui event olahraga otomotif internasional, selain memberikan multiplier effect economy di berbagai sektor UMKM, juga bisa menjadi media yang efektif dalam mempromosikan seni dan budaya bangsa. Sehingga Indonesia bisa semakin mendunia," jelasnya.

Sebagai informasi, ajang MXGP Lombok ini disaksikan lebih dari 50 ribu penonton langsung di arena sirkuit. Pembalap Kawasaki Racing Team MXGP Romain Febvre menjadi juara pertama. Disusul pembalap tim Red Bull GasGas Jorge Prado di posisi kedua, dan pembalap tim Monster Energy Yamaha Factory Racing Glenn Coldenhoff.

Sebelumnya, NTB sukses menyelenggarakan MNC MXGP Samota Indonesia 2023 di Sirkuit Internasional Samota, NTB pada 24-25 Juni 2023. Ini merupakan kali kedua Samota menjadi tuan rumah MXGP, setelah sebelumnya menyelenggarakan MXGP di Sirkuit Internasional Samota pada 25-26 Juni 2022.(da)