Ini Balasan Ridwan Kamil Usai Hasto Berpantun Bacawapres Ganjar

Ridwan Kamil (ist)
Ridwan Kamil (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons pantun yang dilontarkan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto soal dirinya disebut sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo. Ridwan Kamil menganggap pantun tersebut sebagai doa.

Ridwan Kamil mengatakan, pantun sejatinya merupakan budaya Indonesia yang memang harus dilestarikan. Menurutnya pantun menjadi hal yang wajar dilontarkan saat tuan rumah dan tamu saling bertemu.

"Budaya pantun adalah budaya Indonesia. Bung Karno kan menceritakan di Trisakti-nya. Budaya yang berkepribadian dan itu memang adab dari tamu dan adab dari tuan rumah, saling mendoakan, mengapresiasi," kata Ridwan Kamil usai Groundbreaking Monumen Plaza Soekarno di Taman Saparua Bandung, dilansir Gemapos, Rabu (28/6/2023).

Karena itulah, pria yang akrab disapa Kang Emil ini kemudian membalas pantun yang dilontarkan oleh Hasto. "Burung Cendrawasih, burung bango indah warnanya. Terimakasih Mas Hasto atas pantun-pantunnya," singkat Kang Emil.

Saat ditanya soal bacawapres, mantan Wali Kota Bandung ini mengungkapkan apa yang disampaikan Hasto melalui pantunnya adalah sebuah doa. Namun Kang Emil menyadari, dirinya tetap akan fokus dengan tugasnya sebagai kader dari Partai Golkar.

"Itu doa. Jadi kalau doa tentu kita aminkan saja walaupun sebagai seorang yang taat pada aturan hidup, saya taat pada apa yang sedang digariskan oleh Partai Golkar. Sehingga apa pun takdirnya mudah-mudahan doakan yang terbaik untuk semuanya," ujarnya.(da)