Usai Tolak Piala Dunia U20, Kini Wayan Koster Siap Gelar Piala Dunia U17 Bila Ditunjuk

I Wayan Koster (ist)
I Wayan Koster (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan kesiapan wilayahnya jika ditunjuk untuk menggelar ajang tersebut.

"Tentu, kami dukung (Piala Dunia U-17)," ujarnya di kantor DPRD Bali.

"Siap (jadi tuan rumah) ya. Nggak tahu ditunjuk atau nggak. Kalau ditugaskan, sudah pasti siap," tuturnya.

Seperti diketahui, FIFA sudah resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 untuk menggantikan Peru yang dicabut statusnya sebagai host karena kendala infrastruktur.

Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua umum PSSI Erick Thohir meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersatu demi kelancaran penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

"Saya juga melihat masalah kendala dari Pemerintah Daerah dan Pusat, saya rasa kita harus bersepakat, kerja sama Pemerintah Daerah dan Pusat itu harus satu, tidak terpisah-pisah," ungkap Erick akhir pekan lalu.

Hal ini tampaknya tidak lepas dari kegagalan Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada bulan Mei lalu. Ajang tersebut pada akhirnya digelar di Argentina.

Untuk itulah Ketum PSSI pun telah menegaskan bahwa pemerintah daerah yang nantinya ditunjuk menggelar pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 2023 harus memiliki komitmen untuk bisa melaksanakan kepercayaan tersebut.

"Saya juga berharap Pemda yang nanti masuk dalam daftar FIFA, tanda tangan dan memberikan komitmennya. Tentu kita sabar saja, kasih waktu karena terus terang, kami semua di kepengurusan PSSI sebenarnya juga tidak tahu ketika ada pembicaraan lebih dalam (soal jadi tuan rumah)," ujar Erick.(da)