Cek Fakta: Hilangnya Kapal Selam Titanic Ternyata Sudah Ada Diramalan The Simpson



Gemapos.ID (Jakarta) The Simpsons disebut telah meramalkan hilangnya kapal selam Titanic pada 18 Juni 2023. Ramalan ini ada di dalam sebuah episode yang tayang 17 tahun lalu.

Sejak pertama kali tayang pada 1990, The Simpsons diketahui telah beberapa kali meramal peristiwa besar di dunia. Prediksi yang cukup mengejutkan adalah mengenai Donald Trump yang menjadi Presiden AS dan tragedi 9/11.

Namun, mungkin ramalan terkait hilangnya kapal selam Titanic menjadi ramalan yang paling mengerikan. Kapal selam yang hilang bersama lima penumpang di dalamnya ini diketahui telah kehabisan oksigen pada Kamis, 22 Juni 2023, hari ini.

Episode The Simpsons terkait tragedi ini tayang pada 2006. Dalam episode itu, ayah Homer Simpson yang telah lama hilang, Mason Fairbanks, mengaku menemukan harta karun dari laut.

 

Ia memberikan pidato yang mengerikan tentang misi bawah air yang akan dijalankannya dan kemudian memulai ekspedisi bersama sang anak.

"Hari ini saya dipenuhi dengan kegembiraan. Mencari harta karun bersama putra saya yang telah lama hilang. Impian saya untuk Anda masing-masing adalah agar Anda menemukan kebahagiaan seperti yang saya rasakan hari ini," katanya dikutip dari Mirror.co.uk, Kamis, 22 Juni 2023.

Homer dan ayahnya memulai misi bawah laut mereka dengan menggunakan kapal selam tunggal. Duo ayah-anak itu kemudian menemukan perahu yang karam dan menemukan dua kotak berisi harta karun.

Senang dengan penemuan harta karun mereka, Homer sempat mengabarkan teman-temannya dan berkata, "Hai teman-teman. Kami menemukan harta karun itu. Ketika saya sampai di pantai, saya akan membawanya langsung ke bar."

Namun, Homer terjebak di dalam kapal selam dan mulai panik. Lampu tanda kadar oksigen rendah mulai berkedip dan Homer jatuh pingsan.

Namun, dalam episode itu, ayah tiga anak tersebut tiba-tiba terbangun di rumah sakit setelah mengalami koma selama tiga hari. Homer siuman ditemani istrinya, Marge, dan ketiga anaknya, Bart, Lisa, dan Maggie.

Para penggemar The Simpsons berspekulasi bahwa lagi-lagi serial TV itu membuat sebuah ramalan. Kondisi Homer dan ayahnya dianggap sama seperti kondisi para penumpang kapal selam Titanic.

"Gila bagaimana bisa The Simpsons sudah meramalkan tentang kapal selam yang hilang?" cuit seorang penggemar The Simpsons di Twitter.

Penulis serial The Simpsons, Mike Reiss, mengaku, ia sendiri sudah pernah melakukan perjalanan dengan kapal selam Titanic yang hilang kontak itu.

Oksigen di Kapal Selam Sudah Habis

Keberadaan kapal selam wisata tersebut sampai saat ini belum diketahui. Dikenal dengan nama Titan, kapal selam itu membawa sekira lima penumpang dan bermaksud untuk menjelajahi reruntuhan kapal Titanic yang tenggelam.

Mike berbagi pengalamannya sendiri saat menaiki kapal selam itu. "Saya tahu logistiknya dan saya tahu betapa luasnya lautan dan betapa kecilnya kapal ini," kata Mike dikutip dari MSN.com, Kamis, 22 Juni 2023.

"Jika ada di bawah, saya tidak tahu bagaimana orang bisa mengaksesnya, apalagi membawanya kembali," katanya lagi.

 

Mike menjelaskan, dia melakukan tiga penyelaman berbeda dengan perusahaan Ekspedisi Ocean Gate, yang memiliki Titan. Ia dan Ocean Gate juga hampir selalu kehilangan komunikasi.

"Saya naik kapal selam dan dalam pikiran saya adalah, yah, saya mungkin tidak akan pernah keluar dari sini," ucapnya.

Setelah lebih dari empat hari menghilang, kapal selam Titanic dipastikan telah kehabisan oksigen yang hanya tersedia selama 96 jam. Warganet di Twitter ramai-ramai mengucapkan bela sungkawa terhadap penumpang yang hilang. (da)