Berikut Destinasi Wisata Gratis di HUT DKI Jakarta Ke-469, Yuk Merapat

HUT DKI (ist)
HUT DKI (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Ulang tahun Jakarta jatuh setiap 22 Juni tiap tahunnya. Saat ini, ibu kota Indonesia itu merayakan HUT ke-496 dengan tema “Jadi Karya untuk Nusantara” yang diusung oleh Pemprov DKI Jakarta. Ada banyak hal yang menarik setiap Jakarta berulang tahun di antara nya destinasi wisata gratis, apa saja? Berikut ulasannya.

Selain bertepatan dengan HUT DKI, bulan ini memasuki libur akhir semester genap 2023. Sebagian anak sekolah atau bahkan keluarga mungkin sedang merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi semasa liburan. Merayakan hari jadinya yang ke-496, terdapat beberapa objek wisata gratis yang dapat dikunjungi. Tentunya, destinasi wisata ini dapat dikunjungi dengan teman, keluarga, atau orang tersayang di hari kerja atau akhir pekan.

1. Ancol
Ikut meramaikan ulang tahun Jakarta yang ke-496, Ancol memberlakukan tiket gratis masuk selama satu bulan penuh. Pengunjung dapat bermain di area pantai dan mencoba berbagai wahana. Selain itu, terdapat festival jajanan dan bazaar sehingga pengunjung tidak perlu bingung untuk mencari makanan.

Tiket gratis berlaku pada 21 Mei hingga 22 Juni 2023 dari pukul 17.00 s.d. 23.00 WIB. Pengunjung wajib melakukan reservasi terlebih dahulu, paling lambat H-1 kedatangan. Perlu dicatat, tiket kendaraan dan unit rekreasi Ancol lainnya, seperti Dufan, Sea World, Samudra Atlantis, dan Jakarta Bird Land Ancol tidak termasuk gratis.

2. Monas
Memperingati ulang tahun Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menggelar sejumlah rangkaian yang beberapa di antaranya dapat dinikmati secara gratis, salah satunya Monas. Acara Monas Week kembali diselenggarakan yang menampilkan video mapping dan air mancur menari.

Cahaya gemerlap lampu warna-warni akan menghiasi Monas pada waktu-waktu tertentu saat pemutaran video mapping berlangsung. Sedangkan air mancur menari akan diiringi lagu-lagu dan cahaya warna-warni dari lampu. Pertunjukan ini dapat nikmati bersama teman, keluarga, atau orang tersayang.

Selain itu, pastikan untuk mengetahui jadwal pertunjukan agar tidak ketinggalan. Mengutip dari laman Instagram resmi Monumen Nasional, Monas Week akan diselenggarakan dari 21-25 Juni 2023. Pertunjukan terbagi ke dalam beberapa sesi, di antaranya air mancur menari di sisi barat kawasan Monas dari pukul 19.30 - 20.00 dan 20.30 - 21.00. Selain itu, ada video mapping pukul 20.00 - 20.30 dan 21.00 - 21.30

3. Jakarta Fair Kemayoran 2023
Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tiap tahunnya memang diadakan untuk menyambut ulang tahun Jakarta. Acara yang digelar dari 14 Juni - 16 Juli ini menjadi salah satu acara yang paling dinantikan warga Jakarta dan sekitarnya. Terdapat aktivitas yang bisa dilakukan di JFK 2023, seperti wisata kuliner, belanja, wisata

Tiket masuknya memang berbayar tetapi, terdapat kategori pengunjung yang dapat masuk secara gratis. Dilansir dari situs resmi Jakarta Fair, yang bisa mendapatkan tiket masuk gratis adalah anak-anak dengan tinggi badan di bawah satu meter. Pengukuran akan dilakukan di loket sebelum masuk. Kategori kedua, yaitu lansia di atas 60 tahun dengan persyaratan menunjukkan KTP dan hanya berlaku untuk 1x kunjungan.

4. Galeri Indonesia Kaya
Dalam rangka merayakan HUT Jakarta, Sinar Noray atau sanggar asuhan mendiang Mpok Nor kembali memeriahkan Galeri Indonesia Kaya pada 24 Juni 2023. Pertunjukan Lenong Betawi “Jakartaku Semangatku” dipentaskan oleh Sinar Noray dan Wandha Dwiutari.

Karya ini mengisahkan kehidupan seorang sanggar seni yang mengalami kebingungan karena tidak ada proyek pementasan yang tersedia. Namun, harapan pun muncul ketika seorang turis yang diperankan Windha Dwiutari datang ke sanggar tersebut. Turis tersebut melihat potensi sanggar dan mengajak para seniman di dalamnya untuk tampil di luar negeri.

Acara ini akan diselenggarakan mulai pukul 15.00 WIB di Galeri Indonesia Kaya. Pengunjung dapat melakukan reservasi di situs resmi www.indonesiakaya.com tanpa dipungut biaya atau gratis. Dengan hal ini, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni budaya Betawi. Lenong Betawi “Jakartaku Semangatku” menjadi salah satu wujud apresiasi terhadap budaya Betawi yang kaya.

Itu dia destinasi wisata gratis dalam rangka HUT DKI ke-496. Jadi, mau berkunjung ke mana?

(da)