Berikut Bocoran Harga BBM Bioetanol

BBM Bioetanol (ist)
BBM Bioetanol (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati membocorkan kisaran harga bahan bakar minyak (BBM) jenis bioetanol akan sama seperti bensin beroktan 95. Meski demikian, ia tidak merinci harga BBM RON 95 mana yang dimaksud.

"Jadi itu RON 95. Nanti kisaran harganya sama dengan RON 95," ucapnya di Lippo Mal Kemang, Jakarta, Sabtu (17/6).

Pertamina sendiri pernah memiliki produk BBM beroktan 95, yakni pertamax plus. Namun, BBM tersebut sudah tak dijual di SPBU sejak 2016 lalu. Hal itu dikarenakan pada tahun yang sama Pertamina mengeluarkan produk BBM baru dengan oktan yang lebih tinggi. Adapun saat ini yang menjual produk BBM beroktan 95 adalah Shell dengan Shell V Power, Vivo dengan Revvo 95, dan BP dengan BP Ultimate. Tercatat, Shell V Power saat ini dijual seharga Rp13.400 per liter, Revvo 95 Rp13.200 per liter, dan BP Ultimate Rp13.400 per liter.

Dengan kata lain, harga BBM bioetanol besutan Pertamina tadi tidak akan jauh berbeda dari ketiga jenis bahan bakar di atas. Sementara itu, bioetanol merupakan campuran antara pertamax beroktan 92 dan nabati etanol.

Bioetanol adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang dapat diproduksi dari tumbuhan melalui proses fermentasi. Nicke menegaskan bioetanol bakal dirilis Juni ini. Namun, ia tidak membocorkan pada tanggal berapa tepatnya BBM tersebut akan diluncurkan.

Secara terpisah, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengklaim uji coba bioetanol bakal dilaksanakan di 15 SPBU Surabaya akhir Juni ini.

"Yang saya tahu di Surabaya mestinya akhir bulan ini sudah ada 15 (SPBU)," ucap Erick.(da)