Viral Disebut Gara-gara Polusi Udara, Apa Itu Bronkopneumonia?



Gemapos.ID (Jakarta) Curhatan seorang ibu viral tentang anaknya yang terkena bronkopneumonia viral di media sosial. Ia menyebut sang anak sebagai 'korban' polusi udara. Apa itu bronkopneumonia?

Lewat unggahan itu, sang ibu curhat anaknya mengalami gejala demam tinggi, batuk, dan pilek. Namun, antibiotik tak mampu memulihkan kondisinya. Terpaksa, sang anak pun harus dirawat di rumah sakit selama 10 hari.

Ahli pulmonologi Erlang Samoedro menjelaskan, bronkopneumonia merupakan infeksi saluran napas akut. Namun, polusi udara bukan satu-satunya pemicu penyakit.

"Salah satu yang meningkatkan risiko kejadian bronkopneumonia adalah polusi udara. Akan tetapi, banyak faktor lain yang juga berperan seperti gizi, imunisasi, komorbid, dan lain-lain," kata Erlang.

Bronkopneumonia termasuk jenis pneumonia yang terjadi pada bronkus dan alveolus. Bronkus adalah saluran udara antara trakea dan alveolus. Sementara alveolus adalah kantong udara tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jenis pneumonia ini paling umum terjadi pada anak-anak. Bronkopneumonia bisa memicu gejala ringan hingga berat dan berisiko fatal.

Bronkopneumonia jadi salah satu penyebab kematian terbanyak akibat infeksi pada anak di bawah 5 tahun.(da)