Jokowi Tunda Jadwal Kunjungan Kerja ke Lampung, Ini Kata Menteri PUPR

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengecek kondisi jalan yang berada di Rumbia, Lampung Tengah sebelum kedatangan Jokowi  (ist)
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengecek kondisi jalan yang berada di Rumbia, Lampung Tengah sebelum kedatangan Jokowi (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundurkan jadwal kunjungannya ke Provinsi Lampung. Tadinya kunjungan akan dilakukan hari ini, namun kemungkinan akan dimundurkan ke hari Jumat 5 Mei mendatang.

"Jumat, insyaallah ya," kata Basuki kepada wartawan ditemui di Kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2023).

Ketika ditanya alasan mengapa kunjungan batal, Basuki mengatakan mungkin ada perubahan jadwal kegiatan Jokowi. Soal jadwal dan obyek yang akan didatangi Jokowi dalam kunjungannya ke Lampung, Basuki mengatakan itu urusan Protokoler Istana (Protis) bukan dirinya.

"Ya mungkin jadwalnya Presiden (berubah), tanya Protis aja," ujar Basuki.

Sementara itu, di tengah rencana kedatangan Jokowi ke Lampung, terpantau sejumlah jalan di Lampung dilakukan perbaikan. Mengutip detikSumut, dari beberapa dokumentasi video yang diterima, sejumlah alat berat beroperasi menutupi semua lubang yang sebelumnya viral di media sosial.

Kendaraan alat berat itu tampak meratakan seluruh material yang sebelumnya diletakkan di setiap lubang jalan. Dikatakan warga setempat, keberadaan alat berat muncul sejak ada kabar kedatangan Jokowi ke Lampung.

"Sudah beberapa hari lalu, waktu kabar pertama bapak Jokowi mau ke sini. Nah mulai itu alat beratnya pada datang. Banyak pejabat juga kemarin itu, ada gubernur, bupati juga," kata Suratmi salah seorang warga setempat.

Sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga berjanji bakal membangun jalan di Rumbia, Lampung Tengah menjadi baik. Hal ini disampaikan setelah kondisi jalan di Rumbia yang juga sempat viral di media sosial.

"Insyaallah yang akan dikunjungi oleh Presiden, dan yang kebetulan pernah ada orang mandi-mandi di jalan itu akan menjadi bagus," kata Arinal Djunaidi Rabu (3/5).

Jokowi sendiri dijadwalkan datang ke Lampung untuk meninjau langsung kondisi jalan rusak yang sempat ramai di medsos. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jokowi ingin melihat kebenarannya langsung di lapangan seperti apa.

"Jalan daerah yang rusak di medsos itu. Jalan provinsi. Ya besok mau ninjau itu, karena ada di medsos ramai. Kan beliau mau cari kebenaran dari policy kebijakan pemerintah daerah dan penanganannya," ungkap Basuki saat ditemui di Kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5).(da)