Resmikan Bendungan Karian, Jokowi: Pembangunannya Telan Biaya Rp2,2 Triliun

Presiden Joko Widodo resmikan pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten 9foto; gemapso/antara)
Presiden Joko Widodo resmikan pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten 9foto; gemapso/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmikan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten yang dibangun sejak tahun 2015. Bendungan tersebut telah menelan anggaran senilai Rp2,2 triliun dari sejak di bagun.

"Pembangunan Waduk Karian itu cukup besar dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Jokowi saat peresmian Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten,Senin.

Sebagai informasi, Bendungan Karian yang berlokasi di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memiliki volume tampungan sebesar 315 juta meter kubik juga luas genangan seluas 1.777 hektare.

Adapun Waduk Karian itu, menjadi salah satu bendungan terbesar yang dibangun dan dapat bermanfaat untuk masyarakat Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta sekitarnya.

Presiden mengatakan bahwa pembangunan Waduk Karian memberikan manfaat bagi masyarakat, yakni pertama untuk irigasi seluas 22.000 hektare sawah. Kedua, Waduk Karian akan bisa memenuhi air baku 10,6 meter per kubik per detik bagi masyarakat Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serpong, Kabupaten Lebak, dan wilayah barat Provinsi DKI Jakarta serta Jawa Barat.

Selanjutnya, kata Jokowi, bendungan Karian ini bermanfaat untuk pengendalian banjir di Kabupaten Serang dan Jakarta dan keempat Waduk Karian bermanfaat untuk menghasilkan listrik sebesar 1,8 MW bagi 10.000 kepala keluarga.

Sementara pada acara tersebut, Presiden Jokowi yang didampingi para menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Selain itu, Presiden Jokowi dalam peresmian Bendungan Karian juga melakukan pelepasan burung dan melakukan gerakan tanam pohon.(pa)