Hanya Diperkuat 12 Pemain, Pelatih Timnas Voli Putri Maksimalkan Kekuatan di SEA Games 2023

Timnas putri Indonesia (ist)
Timnas putri Indonesia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Timnas Bola Voli Putri hanya diperkuat oleh 12 pemain pada ajang SEA Games 2023. Pelatih Alim Suseno sudah menyiapkan skema permainan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, pelatih pun akan memanfaatkan 12 pemain yang ada untuk tampil pada 9-14 Mei mendatang. Ia mengatakan akan memakai satu libero di dalam skuadnya. "Ya kami akan memanfaatkan 12 pemain yang ada dengan libero satu dan satu spiker keluar yang notabene bawa 4 outside, 2 opposite, dan 3 quicker, dan 1 libero (dua lagi tosser)," kata pelatih Timnas Bola Voli Putri, Alim Suseno.

Adapun ia akan tetap menggunakan satu libero dalam pertandingan sesuai kebutuhan tim. Apabila terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, pelatih akan memakai skema yang sudah disiapkan.

"Karena kebutuhan tim kita kalau di posisi yang 12 tetap 1 libero. Ya saya mohon doanya kepada masyarakat agar tidak terjadi (cedera, kelelahan)," ucapnya. "Kami siapkan pemain 11 lainnya. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi. Sudah ada skema," tambahnya.

Ia menjelaskan kemungkinan adanya pergantian pemain jika hal-hal buruk seperti itu terjadi. Sang pelatih akan mendiskusikan pergantian pemain sesuai regulasi yang ada. "Kalau itu sih mungkin ketika cedera bisa dibicarakan di sana. Kalau cedera serius, kalau enggak tetap 12," imbuhnya. Timnas Bola Voli Putri di SEA Games 2023 mengandalkan beberapa nama baru yang lolos tim penyeleksi. Sedangkan pemain senior Yolla Yuliana dan Shella Bernadetha tidak masuk daftar 14 pemain yang dipanggil oleh PBVSI.(da)