Gandeng PUPR, Heru Budi Benahi Kawasan Monas Gundul

PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR (ist)
PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menghijaukan kawasan Monumen Nasional (Monas).

Hal itu dilakukan lantaran kawasan Monas sempat gundul pada era Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.  Rencananya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melakukan penghijauan kawasan Monas bersamaan dengan revitalisasi kawasan sekitar bulan Juli atau Agustus 2023.

"Hari ini kita membahas untuk kesekian kalinya, menyamakan persepsi konsep Monas ke depan. Intinya, izin pak Menteri, konsep ini adalah menambah hijau," kata Heru Budi usai pertemuan dengan Menteri PUPR di Balaikota DKI Jakarta, Selasa 11 April 2023.

Heru Budi mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Sekretaris Kementerian (Sesmen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perihal penghijauan kawasan Monas ini.

"Mulai dari yang awalnya 50 persen menjadi 64 persen dan tadi pak menteri PUPR serta sesmen BUMN sudah memberikan tambahan arahan dan ini akan kami bawa ke kementerian sekretaris Negara untuk di approval dan ditindaklanjuti," kata Heru. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan tujuan dari penghijauan itu untuk membuat masyarakat lebih nyaman saat berada di kawasan Monas.

Pria yang akrab disapa Pak Bas ini juga mengaku sudah mengantongi desain penghijauan kawasan Monas tersebut. Penghijauan ini, kata Pak Bas, juga diketuai oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

"Seperti yang sudah disampaikan kita rencana penataan, penghijauan di Monas ini untuk lebih nyaman sebagai ruang terbuka bagi masyarakat karena akan ada amphitheaternya ya, dari segi rumput kurang maka akan kita buat jadi lebih hijau. Desainnya sudah siap, masterplannya sudah siap," kata Basuki.

"Masterplan ini kita akan bawa dewan pengarah penataan kawasan (medan merdeka) yang diketuai oleh bapak Mensesneg dan akan kita segera laksanakan tahun 2023 ini," sambungnya.