Brigjen Endar Dicopot Firli Bahuri dari KPK, Berikut Tanggapan Rocky Gerung

Rocki Gerung (ist)
Rocki Gerung (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pengamat politik sekaligus akademisi, Rocki Gerung mengatakan bahwa pencopotan Brigjen Endar Priantoro erat hubungannya dengan penyelidikan kasus Formula E yang menyangkut nama Anies Baswedan. 

“Brigjen Endar ini akhirnya juga mencari perlindungan di masyarakat sipil, sebetulnya karena itu dia punya kemampuan untuk mempersoalkan Firli Bahuri kan itu intinya,” kata Rocky melansir dari youtube channelnya, Selasa (05/04/23).

“Jadi sama dengan keadaan sebelumnya, seolah-olah Firly itu datang dengan satu pesan bahwa Anies mesti disingkirkan dan kita tahu pesan itu asalnya dari Jokowi,” tambahnya.

“Karena, nggak mungkin dari dari tempat lain atau dari Ibu Mega, juga terlalu jauh lah. Karena kalau itu yang dimainkan tetapi Anies, ini kan penantang Jokowi maka ada satu kesepakatan untuk menghalangi Anies,” jelasnya.

 

Menurut Rocky, sejak awal Firli membuat cara agar Anies bisa terkena pidana salah satunya dengan cara mengubah aturan pemeriksaan. 

“Yang terbaca dari awal upaya Firli bahkan untuk mengubah tata cara pemeriksaan atau hukum acara di dalam KPK sendiri,” katanya.

“Tetapi upaya Firly itu akhirnya terhalang oleh Brigjen Endar, hingga terjadi timbulnya reaksi dari masyarakat sipil tuh yang menganggap bahwa KPK itu tidak tidak desain untuk menyembunyikan kasus,” jelasnya.

“Tapi mereka terlalu jauh bermain-main di situ, seolah-olah kasus Anies ini besar sekali itu. Ya kalau dia besar dari awal, dia (Firli) lakukan saja langkah-langkah yang transparan untuk menyelidiki kasus ini,” tambahnya.