Jokowi Senang Timor Leste Akhirnya Jadi Anggota ASEAN

Presiden RI Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2/2023). (ant)
Presiden RI Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo menyatakan kegembiraannya karena Timor Leste secara prinsip sudah diterima menjadi anggota ASEAN.

“Saya senang bahwa Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota ASEAN,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya pada pertemuan bilateral saat menyambut kedatangan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2/2023).

Presiden Jokowi mengatakan pada pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN Februari ini, Menteri Luar Negeri Timor Leste juga telah berpartisipasi dalam pertemuan dengan status sebagai observer atau peninjau.

Dia mengucapkan selamat datang kepada PM Taur Matan Ruak dan seluruh delegasi, dan menyampaikan bahwa pada Juli lalu dirinya juga telah menerima kunjungan Presiden Timor Leste Ramos Horta.

Jokowi berharap intensitas kunjungan pemimpin Timor Leste menunjukkan komitmen untuk terus mempererat hubungan dan kerja sama di antara RI-Timor Leste.

Sebelum melakukan pertemuan bilateral yang diikuti para jajaran menteri kedua negara, Presiden Joko Widodo juga sempat mengajak PM Taur Matan Ruak menanam pohon cendana di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, sebagaimana biasa dilakukan setiap menyambut kehadiran pemimpin negara sahabat.

Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.55 WIB diiringi dengan pasukan berkuda.

Saat mobil iring-iringan memasuki kawasan Istana Bogor, pasukan berbusana tradisional dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyambut kedatangan PM Taur Matan Ruak dan delegasi Timor Leste.

Mereka disambut di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor oleh Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Mensesneg Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, serta delegasi dari Republik Demokratik Timor Leste.

Presiden Joko Widodo dan PM Taur Matan kemudian mendengarkan lagu nasional kedua negara.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mempersilakan PM Taur Matan untuk mengisi buku tamu dan memasuki Ruang Veranda. (aj)